20 April 2018

Klaim Asuransi



Untuk berjaga-jaga, saya membeli asuransi perjalanan SmartTraveller dari AXA Insurance (PT Asuransi AXA Indonesia) pada 12 Januari 2018 dengan nomor polis T1-006642. Asuransi tersebut untuk menjamin perjalanan saya dan ayah saya ke luar negeri pada 13-26 Januari 2018.

Sesuai agenda, kami bersiap pulang pada 26 Januari 2018 pukul 02.15. Namun, penerbangan dibatalkan secara sepihak oleh maskapai dengan alasan air traffic control constraints.

Penerbangan kami kemudian dialihkan menjadi 26 Januari 2018 pukul 19.00. Dengan demikian, penerbangan tertunda 16 jam 45 menit.

Saat saya klaim ke AXA Insurance atas penundaan yang berakibat keterlambatan perjalanan tersebut, klaim kami ditolak. Pihak asuransi beralasan,' air traffic control constraints tidak termasuk dalam perlindungan asuransi.

Sepanjang yang saya temukan dalam ikhtisar polis AXA Insurance, tidak tercantum bahwa air traffic control constraints tidak termasuk dalam perlindungan asuransi perjalanan yang saya beli.

Saya mencoba menghubungi pihak AXA Insurance untuk menanyakan hal ini. Namun, penjelasan yang disampaikan terkesan membingungkan.

Mohon manajemen PT Asuransi AXA Indonesia dapat memberikan penjelasan apakah betul air traffic control constrains tidak termasuk dalam perlindungan asuransi perjalanan AXA Insurance. Apakah ketentuan yang tidak disebutkan dalam ikhtisar polis dapat menjadi dasar untuk menolak klaim seseorang?

RUDY SUHARDIWIRATA Jl Gedong, Jakarta Barat

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Kompas tanggal 20 April 2018.