16 April 2018

Prosedur Pergantian Stnk Hilang



YTH Dirlantas ataupun Kepala Sarnsat. Pak mau turnya, apakah bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan lima tahunan yang mengalami kehilangan STNK. Soalnya saya bingung, ada informasi yg mengatakan bs langsung urus, karena toh STNK nya sah nuklirnya diganti. Sementara ada pendapat yg mengatakan sy harus mengurus STNK Duplikat. Artinya harus mengurus surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

08217582****
JAWAB:

TERIMA kasih kepada masyarakat pembaca Sripo yang Budiman dan yang kami banggakan aan kepada Wajib Pajak yang sedang mengalami kasus hilangnya Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), serta kepada Sripo yang terdepan dalam merespon layanan publik kami ucapkan terimakasih.
Izinkan kami menjawab pertanyan tentang Kehilangan STNK dimaksud sebagai berikut;
Masyarakat yang kehilangan Surat Tanda Nomor Kenda-raan Bermotor (STNK), jangan khawatir. Sebab bisa diganti STNK baru, asalkan pemohon telah memenuhi semua persyaratan.

Caranya mudah. Langkah awal. Anda harus melapor ke kantor polisi terdekat untuk kemudian diurus sampai tuntas Surat Keterangan Keterangan Kehilangan STNK sebagai pertanggung jawaban hukum dari masyarakat yang memang betul kehilangan STNK tujuannva menghindari Duplikat STNK yang disalahgunakan oleh warga atau oknum sehingga perlu melaporkan ke polisi kebenaran Laporan Kehilangan tersebut.

Selanjutnya silahkan mendatangi kantor Samsat dimana STNK diterbitkan dengan persyaratan sbb:
1. KTP pemilik kendaraan (asli dan foto copy),
2. Surat keterangan hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat,
3. BPKB asli serta foto copv
4. dilakukan cek fisik kendaraan di kantor Samsat
5. mengisi formulir pendaftaran
6. Menuju pelayanan Kubentina
7. Jika terdapat tunggakan pajak silahkan melakukan
Kmbayaran pajak kendaraan bermotor, dan membayar
J BP ( Penerimaan Negara Bukan Pajak) STNK sesuai PP 60 Tahun 2016 dan langsung wajib pajak menyetorkan ke kasir Bank Sumsel Babel yang berada di Loket Samsat dan proses selesai dan terakhir pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) yang telah selesai diproses dan anda mendapatkan STNK pengganti STNK yang hilang.

Dalam kesempatan ini kembali kami menghimbau kiranya seluruh warga dapat langsung mengurus admini-trasi kendaraaannya dan membayar pajak kendaraanya ke Kantor dan Point Layanan kami htinaari calo dan oknum petugas kami yang tidak bertanggung jawab.

Karena Anda tertib melalui prosedur yang telah ditetapkan akan membantu kami melayani berdasarkan SOP yang telah disiapkan sehingga kita secara bersama sama masyarakat dan wajib pajak menghindari pungli sekali lagi terima kasih dan kami bangga anda mengurus administrasi ranmor dan bayar pajak kendaraan di Kantor Samsat sesuai mekanisme yang berlaku, (fiz)

Kepala UPTB Samsat PLG U Herryandi Sinulingga AP dan Pamin 3 Ditlantas Polda Sumsel Ipda Yohan Wiranata SH

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Sriwijaya Post tanggal 16 April 2018.