25 Februari 2018

Kecewa Layanan



Saya pelanggan Telkom Speedy nomor 111718101986 sejak delapan tahun lalu. Pada Minggu (14/1), modem Speedy saya menunjukkan tidak adanya koneksi internet. Telepon juga tidak tersambung. Keesokan harinya, istri saya melaporkan kerusakan melalui 147. Saya sendiri sedang bekerja di luar kota.

Pada Selasa, petugas Telkom melalui telepon mengabarkan adanya gangguan total untuk sekitar 100 sambungan akibat pencurian kabel di sekitar wilayah tempat tinggal kami. Kata petugas, akan ada pengalihan dari kabel logam ke fiber optik Dua tetangga kami teleponnya sudah dialihkan. Kenapa di rumah saya belum? Petugas mengatakan akan datang sore hari. Dalam komunikasi lanjutan, istri saya menginformasikan ke petugas akan ada di rumah selepas pukul 15.00. Disepakati petugas akan datang pada Rabu.

Sempat ada yang datang ke rumah, tetapi hanya melihat-lihat. Lalu petugas pergi dengan dalih harus mengambil kabel terlebih dulu. Aneh, sudah tahu ada kerusakan kenapa tidak sekalian bawa kabel?

Setelah itu, tak seorang pun petugas datang ke rumah kami. Saya ceritakan ini ke admin @TelkomCare di Twitter dan diperoleh respons yang cepat. Diberitahukan bahwa pengaduan saya sudah dicatat dan saya diminta menunggu petugas datang.

Sampai akhir Januari 2018, sepuluh hari setelah kami melapor, tidak ada petugas yang datang memberikan penjelasan atau memperbaiki sambungan Speedy di rumah kami.

Saya kecewa dengan layanan yang tidak responsif ini. Hilangnya koneksi Speedy menyebabkan kerugian bagi saya dan keluarga karena banyak pekerjaan kami menjadi tertunda.

JONI RIZAL Villa Gading Mayang Jambi

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Kompas tanggal 25 Februari 2018.