25 Februari 2018

Janji Palsu



Saya menjadi pelanggan Indosat prabayar kurang lebih 10 tahun. Selama ini, jika ada masalah, Indosat bisa memberikan solusi. Memang tidak sempurna, tetapi paling tidak menyelesaikan masalah yang ada. Sayang, untuk masalah terakhir saya merasa Indosat mulai kehilangan profesionalitas dalam pelayanan.

Pada 3 Januari 2018 pukul 11.39, untuk nomor saya 081510089xxx, saya membeli paket Ulimited seharga Rp 169.000, yang sedang promo saat itu sehingga saya bisa dapat fasilitas Youtube unlimited, telepon, dan SMS ke semua operator.

Saya tentu antusias dengan paket ini, karena selama ini saya membeli paket telepon dan SMS "satuan", yang jatuhnya akan lebih mahal daripada langsung membeli paket Unlimited.
Setelah membeli paket, tanpa saya khawatir, saya mulai menggunakan telepon dan SMS ke semua operator. Namun, pada 12 Januari, ketika mengecek pulsa, saya kaget sekali. Pulsa saya hilang sekitar Rp 300.000-an. Langsung saya telepon 185 untuk menyampaikan masalah ini.

Saya dilayani customer service (CS) perempuan dan ia menjanjikan untuk call back karena harus dicek di server. Akan tetapi, saya tunggu sampai 15 Januari, tidak ada satu pun yang telepon dari pihak Indosat Ooredoo.

Pada 15 Januari pukul 10.34, saya mencoba telepon lagi ke 185. Kalau tidak salah yang mengangkat telepon Saudari Yana. Saya harus menceritakan lagi pulsa saya yang terpotong ketika menelepon dan SMS ke operator lain. Dia hanya mengatakan akan dicek kembali ke server, dan tentu saja saya mulai emosi. Saya mengatakan padanya, saya sampai tidak berani pakai telepon ke operator lain, bahkan harus beli paket telepon ke semua operator menggunakan provider lain.

Dia mengatakan, akan mengecek, kalau memang saya berhak untuk mendapatkan pulsa kembali, maka pulsa akan dikembalikan. Saya bingung, karena selama ini saya telepon hanya dalam lingkup Indosat dan operator lain di Indonesia. Pastinya saya berhak agar pulsa saya dikembalikan. Dia menjawab akan telepon balik. Pada 15 Januari pukul 13.47 memang Mbak Yana ini telepon saya dan mengatakan masalah saya akan dipercepat.

Namun, sampai 23 Januari pun tidak ada kabar sama sekali dari pihak Indosat dan pada akhirnya saya telepon kembali 23 Januari pukul 14.59. Tentu saya sangat kesal, karena masalah ini sama sekali tidak kunjung selesai.

Ketika itu CS-nya Mbak Fitri dan dia berjanji akan telepon saya kembali. Memang betul pukul 15.44 dia menelepon, mengakui memang saya berhak untuk mendapat pengembalian uang Rp 272.000-an karena terpotong setelah telepon ke operator lain. Dia beijanji dalam waktu 24 jam pulsa akan dikembalikan.

Ternyata sampai 30 Januari, saat saya menulis surat kepada redaksi ini, pulsa saya belum juga kembali. Tidak ada satu pun dari pihak Indosat Ooredoo memberi kabar.
Saya belum pernah setakut ini menggunakan HP dan paket yang saya beli untuk telepon ke operator, karena jika saya lakukan pasti pulsa akan terpotong terus sampai nol.

ALBERT GUNAWAN Apartemen Menara Kelapa Gading Kondominium Tower D,Jakarta 14250

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Kompas tanggal 25 Februari 2018.