13 Februari 2018

Tak Bayar Uang Sekolah 3 Bulan



SELAMAT siang Tritoun Batam. Saya mau bertanya ke Dinas Pendidikan Kota Batam. Apakah siswa yang belum melunasi uang sekolah 3 bulan. Tidak dapat mengikuti ujian mids.semester?

Sekolah Negeri tak Dipungut Biaya

TERIMAKASIH atas pertanyaan saudara. Dalam biaya sekolah itu, perlu saudara ketahui terlebih dahulu bahwa untuk biaya sekolah di seko lah negeri tidak ada pemungutan uang sekolah. Namun kalau sekolah swasta memang harus ada biaya sekolah bagi setiap siswa yang sudah ditetapkan oleh seko lah tersebut. Biaya uang sekolah di sekolah swasta itu memang harus terpenuhi oleh wali murid. Apabila wali murid menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut.

Sementara itu untuk masalah tentang uang sekolah yang saudara pertanyakan. Setiap sekolah swasta itu memang memiliki aturan masing-masing. Dan Dinas Pendidikan Kota Batam hanya membina sekolah swasta di bagian kurikulum. Namun apabila wali murid meminta keringanan atau komunikasi kepada pihak sekolah kapan bisa membayarkan biaya sekolah tersebut sekolah pasti akan memakluminya.

Sebab sekolah swasta biasanya sebelum anak masuk ke sana, sudah ada point perjanjian yang sudah di tandatangani oleh wali murid, sehingga untuk masalah biaya sekolah memang harus dipenuhi oleh wali murid bagi setiap siswa.

Apabila wali murid tidak bisa diterima untuk permohonan tersebut, silahkan datang ke Kantor Dinas Pendidikan Kota Batam, untuk kita coba membantu menghubungi pihak kepala sekolah supaya bisa membantu permasalahan biaya sekolah tersebut.

Akan tetapi biasanya apa bila wali murid sudah datang ke sekolah dan mengkomunikasikan akan hal itu. Pihak sekolah nanti pasti akan memberikan keringanan waktu pembayaran atau boleh biaya sekolahnya diangsur. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih semoga bermanfaat.

Hernowo
Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Batam.

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Tribun Batam tanggal 13 Februari 2018.