18 Januari 2018

Revitalisasi Pasar Tunjungan



KONDISI Pasar Tunjungan, Kota Surabaya semakin memprihatinkan. Kini pasar itu sepi pengunjung, dan kondisi bangunan juga sudah tidak layak.

Kami menduga, kondisi sepinya Pasar Tunjungan bisa karena beberapa penyebab, di antaranya jumlah pedagang yang masih aktif membuka stan yang tinggal sedikit. Jadi, masyarakat juga enggan datang ke pasar karena tidak banyak pedagangnya atau tak banyak alternatif pilihan barang yang bisa dibeli. Ya, kalau pedagangnya saja sudah tidak ada, siapa yang mau datang ke pasar?

Sudah begitu, kondisi bangunan pasar juga mulai rusak. Utamanya atap pasar banyak yang bocor, dan saluran listrik banyak yang mati.
Di parkiran memang terlihat banyak kendaraan. Namun, mayoritas yang parkir di kawasan Pasar Tunjungan itu bukan pengunjung pasar.

Oleh karena itu, sebaiknya Pem-kot Surabaya segera melakukan revitalisasi pasar. Tak hanya perbaikan bangunan yang rusak dan penataan
atau pengelolaan fasilitas parkirnya, tetapi juga konsep pasar.

Ada baiknya dipikirkan ulang konsep pasar yang lebih spesifik sehingga menjadi pasar rujukan masyarakat tentang produk tertentu. Dengan demikian malah bisa menjadi pasar ikonik di Surabaya.

Ari Arifianto

Surabaya

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Investor Daily tanggal 18 Januari 2018.