13 Januari 2018

Bolehkah Saya Minta Phk



Selamat Siang Tribun. Saya ini sudah bekeija selama 8 tahun di perusahaan dan telah di permanen kan, cuma 6 bulan terakhir ini saya tidak di kasih job, oleh perusahaan tempat saya bekerja. Jadi yang mau saya tanyakan, bolehkah saya meminta PHK ? Dan apakah saya dapat hak sebagai karyawan.

Tidak Dapat Hak

TERIMA kasih atas pertanyaan Anda. Untuk pengajuan PHK di perusahaan Anda itu bisa saja perusahaan menerima Anda di PHK. Akan tetapi untuk pemberian hak Anda selama bekerja delapan tahun di perusahaan tempat Anda bekerja, itu tidak akan Anda terima. Sebab Anda yang mengajukan.
Namun melihat perusahaannya juga, apakah mereka bersedia membayar atau tidak untuk hak Anda, coba Anda juga menanyakan kepada manajement Anda apakah ada diberikan hak Anda.

Terkadang juga ada perusahan yang memberikan hak terhadap karyawannya yang mengajukan PHK, hanya uang tanda terimakasih saja selama bekerja diperusahaan Anda, walapun sudah delapan tahun bekerja.

Hal itulah yang harus Anda pertimbangkan dan tanyakan terlebih dahulu, kepada pihak perusahan langsung.

Sebab kalau Anda mengajukan sendiri untuk di PHK itu tidak akan di berikan akan hak Anda. Nah maka dari itu disarankan Anda harus menunggu apakah ada program perusahaan untuk PHKkan karyawan, jika anda di PHK perusahan pasti akan berikan hak pesangon Anda. Demikian jawaban dari kami semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Rudi Sakyakirti
Kepala Dinas Tena ga Keija Kota Batam

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Tribun Batam tanggal 13 Januari 2018.