13 Januari 2018

Tribun Facebook



Kenapa meski sudah sering ditangkap. namun para pelaku penjambretan masih saja muncul?

HSYA'RONI

Bukan cuma jambret kelas teri bahkan koruptor kelas kakap juga sering muncul walau sering tertangkap. Tentunya alasan pertama faktor lingkungan keluarga tempat tumbuh kembang manusia, lalu lingkungan masyarakat, kemudian SDM/pendidikan formal non-formal rendah, ketersediaan lapangan pekerjaan minim, dan seterusnya.

GARUNTANG BETTA

Yang menyebabkan hal itu teijadi kembali karena faktor SDM yang rendah. masalah ekonomi, termasuk ketersediaan lapangan pekeijaan yang sedikit, tingkat kebutuhan yang semakin mahal, dan pergaulan yang salah. Itu beberapa faktor yang menyebabkan mereka kembali melakukan tindak kriminal.

MUSTAFA AL-HAMID

Permasalahan ini ada karena faktor pendidikan yang rendah dan tidak merata sehingga berdampak ke kehidupan ekonomi mereka. Sehingga mau tidak mau untuk bertahan hidup mereka nekat melakukan hal tersebut. Sekarang ini sangat sulit untuk men-


Suara pembaca
dapatkan pekerjaan, karena harus memiliki ijazah SI. S2, dan S3 dan harus memiliki skill yang mumpuni. Walaupun tidak semua orang berpendidikan rendah melakukan kejahatan.

RENALDO DARMA OGALA

Bisa dikatakan walau Indonesia sudah merdeka dari penjajah, tapi Indonesia masih dijajah oleh kemiskinan. Lapangan pekerjaan saat ini sulit untuk dicari, maka itu kemiskinan di Indonesia harus diperhatikan agar tidak ada lagi aksi kriminalitas.

TRI ARIYANS

Faktor ekonomi lah yang utama. Susahnya mencari lapangan pekeijaan membuat mereka rela melakukan tindakan kriminal. Mereka berpikir hanya itu lah pekeijaan yang instan dan kurangnya pendidikan agama dalam diri mereka.

melanggar lalu lintas dan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Juga bisa memancing pelaku kejahatan.

(rza/eka)

Suara pembaca

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Tribun Lampung tanggal 13 Januari 2018.