12 Desember 2017

Mengidentifikasi Lokasi Rawan Macet Saat Natal



LIBUR Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 tinggal dalam hitungan hari saja. Mobilitas warga masyarakat lintas kota bahkan lintas pulau sudah pasti akan meningkat. Dampak yang pasti bisa ditebak, kepadatan arus lalu lintas atau kemacetan akan rawan teijadi di beberapa titik lokasi.

Sehubungan dengan hal itu, dan belajar dari pengalaman momentum yang sama tahun-tahun sebelumnya, pemerintah perlu mengidentifikasi lokasi-lokasi rawan macet menghadapi libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Identifikasi harus menyeluruh, tidak hanya jalur dan titik kemacetan di darat, tetapi juga di moda laut dan udara.

Kami berharap, pemerintah sudah menyiapkan solusi untuk itu mengatasi masalah kemacetan di berbagai daerah selama libur Natal dan Tahun Baru 2018 nanti.

Kami mendukung pengaturan pembatasan kendaraan bertonase besar di jalur dan waktu yang sudah diatur demi mengurangi potensi kemacetan. Kelaikan kendaraan angkutan penumpang dan truk juga harus diawasi. Kendaraan yang tidak lain jalan harus disetop izin operasinya sebelum ada perbaikan sesuai persyaratan wajib.

Sosialiasi dan edukasi juga perlu ditujukan kepada sopir truk, bus, dan jasa angkut lainnya agar selalu berhati-hati dalam berkendara dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Untuk angkutan penumpang, tes kondisi fisik sopir juga mutlak dilakukan demi keamanan penumpang.

Ario Purwandoko
Jakarta

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Investor Daily tanggal 12 Desember 2017.