07 Desember 2017

Urus Akta Lahir Yang Hilang



Selamat sore Tribun Batam. Bagaimana cara mengurus akta lahir anak yang hilang. Saya tidak tau entah kemana tercecer akta lahir anak. Mohon bantuannya, terimah kasih.
Lengkapi Persyaratan Berkas

Terima kasih atas pertanyaannya. Dalam mengurus akta kelahiran yang hilang itu apabila data saudara terdaftar di Batam, saudara terlebih dahulu menyiapkan berkas seperti:

Fotokopi akta kelahiran yang hilang, fotokopi buku nikah, fotokopi kartu keluarga, fotokopi KTP suami istri, fotokopi KTP saksi dua orang dan surat kehilangan dari kepolisian. Apabila semuanya sudah selesai dilengkapi saudara langsung datang ke kantor Disdukcapil untuk melakukan pengurusan.

Begitu juga dengan yang dari luar Batam, syarat yang di lengkapi terlebih dahulu sama saja, namun setelah seluruh perlengkapan itu dilengkapi Disdukcapil, masih melakukan pengecekan terlebih dahulu keabsahannya ke daerah asal saudara yang bersangkutan yang akta kelahiiajmya hilang, apakah benar datanya apabila terkonfirmasi datanya, baru Disdukcapil Batam akan terbitkan akta kelahiran kutipan keduanya disini. Demikian kami sampaikan semoga bermanfaat.

Muhamad Teddy Nuh Kabid Pelayanan Pendaftaran Disdukcapil Batam.


Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Tribun Batam tanggal 07 Desember 2017.