07 Desember 2017

Ingin Menikah Tanpa Proses Cerai



Selamat malam Tribun Batam semoga sukses selalw Saya seorang suami yang ditinggal istri karena ekonomi sulit pada masa itu sekitar 10 tahun lalu tanpa kabar dan alamat yang Jelas. Sampai saat ini saya tidak tahu keberadaanya. saya mau tanya apakah bisa saya menikah lagi di KUA dengan wanita lain tanpa proses pengadilan agama? Tolong bantuan dan penjelasanya.

Harus Izin Pengadilan

Terimakasih atas perta-nyaanya. Apabila saudara ada kepikiran untuk menikah lagi itu boleh saja, namun harus sesuai dengan aturan juga. Saudara harus benar-benar sah bercerai, baru bisa melakukan pernikahan terhadap wanita lain calon istri saudara, walaupun saudara sudah hampir 10 tahun ditinggal kan dan tidak ada kabar dan alamat dari sang istri, karena untuk menjalin su atu hubungan keluarga itu harus ada kejelasan dan aturannya.

Dimana saudara juga harus sama-sama ada persetujuan dari masing-masing kedua belah pihak karena takutnya nanti ketika saudara menikah dan pihak keluarga dari sang istri sebelumnya tidak terima dan menuntut, maka saudara akan mendapatkan tuntutan masalah. Apalagi kalau saudara ditinggalkan sudah mempunyai anak yang dibawa sang istri itu lebih besar masalahnya.

Saran kita kepada saudara. Menikahkan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, dimana jika saudara masih mempunyai buku nikah dari pernikahan pertama, saudara harus melakukan surat rujukan ke kantor pengadilan agama untuk mengurus surat cerai, nanti saudara di kantor pengadilan agama akan diarahkan bagaimana solusinya, untuk menyelesaikan masalah dalam problem yang saudara alami. Ketika saudara sudah selesai mengurus dan mendapatkan akta cerainya, baru saudara dapat menikah lagi.

Bagaimanapun usaha saudara lakukan untuk menikah, tanpa dari pengadilan agama, pernikahan saudara tidak akan diakui dan tidak sah sama sekali, karena semua itu pengadilan agama yang berwe nang.

Nazri
Konsultasi Keluarga Sakinah Bimas Islam Kankemenag Batam

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Tribun Batam tanggal 07 Desember 2017.