07 Desember 2017

Perpanjang Masa Ktp Yang Sudah Mati



Perpajang Masa KTP yang Sudah Mati

Selamat siang Tribun Batam, saya mau bertanya. Jika KTP sudah mati masa berlakunya di Mei tahun 2017 ini. apakah harus diperpanjang? atau dibiarin saja? Terus Jikalau diperpanjang kira-kira blangkonya apa sudah ada? Dan kalau misalkan tidak diperpanjang apakah ada masalah? Mohon penjelasannya. trimakasih.

082367325xxx

Sesuai UU tak Perlu Perpanjang

Terima kasih atas pertanyaan saudara. Bagi masyarakat yang KTP-el sudah mati masa berlakunya tidak perlu diperpanjang. Sebab menurut Undang-undang nomor 24 tahun 2013. Menyatakan bahwa KTP-el berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang. Walapun ada masa berlakunya.

Apabila saudara memperpanjang

KTP-el saudara, itupun harus menunggu blangko KTP untuk giliran kepengurusan. Sebab masih banyak yang melakukan pengurusan KTP se belum saudara yang masih menunggu blangko KTP-el untuk fisik KTP yang diurus warga tersebut.

Pengurusan penggantian e-KTP sebaiknya dilakukan hanya untuk ke-pengurusan penggantian alamat, status, dan juga fisik e-KTP yang sudah rusak, seperti terkelupas atau tulisan di e-KTP sudah kusam sehingga tidak jelas.

Sedangkan untuk yang saudara tanyakan apakah bermasalah, itu tidak ada masalah,karena sudah ada Undang-undang No 24 tahun 2013. Begitu juga dengan pengurusan apapun yang memerlukan KTP-el. ApalDila masa berlaku saudara sudah mati, itu tidak ada masalah untuk kepengurusan dan penggunaan diintansi manapun, baik itu di perusahaan, BPJS, imigrasi dan lain sebagainya.Sebe lumnya kami ucapkan terima kasih semoga bermanfaat.

Muhamad Teddy Nuh Kabid Pelayanan Pendaftaran Disdukcapil Kota Batam.


Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Tribun Batam tanggal 07 Desember 2017.