14 November 2017

Nikah Dengan Orang Singapura Tanpa Surat



SELAMAT pagi Tribun Batam, perkenalkan nama saya Ntnik, ibu rumah tangga tinggal di Seipanas. Sahabat saya punya masalah menikah dengan orang Singapura, sudah 2 tahun berjalan, kemudian dia menghilang. Enam bulan belakangan diketahui suaminya meninggal sudah 4 tahun lalu. Bagaimana mengurus semua haknya, sicifxi pihak-pihalt yang bisa dihubungi. Dokumen pernikahan ada di kantor KUA Batuampar termasuk surat pengajuan nikah dari Singapura ada di KUA tersebut. Mohon ban tuanya.

Saudara Harus Lengkapi Suratnya

TERIMA kasih atas pertanyaan saudara.Sebelumrrya saya ingin menerangkan bahwa, saudara harus memperhatikan segala sesuatu surat itu hanis ada. khususnya surat tentang pernikahan, apalagi saudara menikahnya pada warga negara asing. Apabila terjadi yang tidak diinginkan seperti yang saudara alami sekarang ini akan berat di-lakukukan pengunisan hak saudara di pengadilan agama.

Dimana diantaranya perihal hak yang saudara ingin urus harus melengkapi surat kematian, serta dokumen pernikahan saudara juga harus ada serta surat izin pernikahan dari kedutaan di sana terhadap suami saudara. Apabila saudara ingin mengambil hak saudara, seperti harta warisan atau lain sebagaianya.

Kami juga menekankan kepada saudara, harus memastikan apakah benar suami saudara sudah meninggal dunia? Dan dari mana saudara mengetahui informasi perihal bahwa suami saudara sudah meninggal dunia sudah berlangsung empat tahun yang lewat, jika saudara mengetahui siapa yang menginformasikan, saudara coba menanyakan kepada yang memberikan informasi dimana suami saudara meninggal dan apakah ada surat ke-matian dan dokumen secara tertulis bahwa suami saudara sudah meninggal, agar saudara bisa mengetahui dan mengurus surat kematian tersebut. Sebab kalau informasi secara lisan saja, itu tidak diketahui akan keabsahannya atau kebenarannya. Mohon saudara lengkapi persyaratan yang ada di atas dan memastikannya dan mendapat pernyataan secara tertulis bahwa suami saudara sudah meninggal, lalu saudara bisa langsung mengurus hak saudara di kantor pengadilan agama.

Begitu juga dengan dokumen buku nikah saudara serta surat pengajuan nikah dari Singapura yang saudara katakan masih berada di KUA Batuampar, seharusnya setelah saudara menikah dengan sah di KUA, saudara seharusnya sudah memegang dokumen tersebut, Nah apabila masih berada di KUA saudara bisa mengambilnya kesana. sebab itu adalah hak saudara, agar bisa melengkapi persyaratan apabila saudara ingin mengambil hak akan sumai saudara, baik itu untuk warisan dan lain sebagaianya. Demikianlah jawaban dari kami, semoga bermanfaat.
Muliadi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Batam.

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Tribun Batam tanggal 14 November 2017.