14 November 2017

Warga Baru Didata Kapan Dapat Raskin



SELAMAT siang Tribun Batam. Saya warga Bengkong tolong sampaikan kepada Wali kota.

kapan data warga yang bani untuk mendapatkan raskin di Dinas Sosial Batam. Nama kami sudah ada, namun di lurah tidak ada. Tolong penjelasannya ya terima kasih.

Raskin Sudah Diganti Dengan Nontunai

TERIMA kasih atas pertanyaan saudara. Perlu saudara ketahui sebelumnya untuk bantuan Raskin saat ini sudah tidak adalagi diadakan. Dan sudah diganti dengan bantuan pangan nontunai, akan tetapi itu menggunakan data BPS tahun 2015 yang sudah masuk di BRI.

Bantuan pangan nontunai ini, adalah berupa kartu ATM yang diberikan oleh pihak Bank BRI terhadap penerima bantuan pangan nontunai atau bisa disebut dengan by name. by address yang datanya sudah ada di BRI, dan kartu itulah yang bisa mengambil bantuan pangan nontunai di Warung yang se-belumya sudah diunjuk dan sosialisasikan tempatnya.

Kalau untuk warga Bengkong yang belum masuk akan penerimaan by name, by ad-ress, disebabkan data baru sehingga belum memiliki kartu, nanti Dinsos Batam akan usulkan kembali. Nah agar
bisa diusulkan dan masuk datanya, perangkat RT/RW dan kelurahan setempat yang seharusnya berperan untuk mendata kembali warga, sebab Dinsos Batam tidak mengetahui terkadang beberapa warga yang sudah meninggalkan Batam serta yang sudah meninggal dunia dan lain-lainnya.

Dengan dilakukan pendataan kembali, dan sudah diketahui penduduknya berapa orang masyarakat yang kurang mampu dan sudah didata oleh perangkat RT/RW dan pihak kelurahan setempat, maka nanti Kelurahan akan mengontek TKSK pendamping dari tenaga Dinas Sosial Kota Batam. Nah dialah yang akan mengurus ke Bank BRI.

Sebab untuk bantuan pangan nontunai atau by name. by adress ini pihak kelurahan bisa mengusulkan data bani. Setelah didata keseluruhan-nya, data diberikan ke Dinsos Batam, maka Dinsos Batam bisa mengajukan dan merekomendasikan bantuan ini, kepada Wali kota Batam untuk membuat SK bantuan pangan nontunai. Setelah SK ada, nanti akan dikirim pada Kemensos. Kemensos nanti yang akan me-mutahirkan datanya di Agustus dan Oktober terhadap bantuan pangan nontunai.

Akan tetapi kalau data sudah masuk ke Dinsos Batam, seperti yang saudara katakan, tolong lapor atau mengingatkan kembali pada lurah untuk mendata atau memberikan data kepada Dinsos Batam, agar bisa terdata kembali dan diajukan kembali. Sebab pengajuan dari Dinsos untuk bantuan pangan nontunai berdasarkan dari data lurah. Kalau lurah tidak memberikan data ke Dinas Sosial Kota Batam, bagaimana bantuan pangan nontunai atau by name.by adress bisa diajukan. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih semoga bermanfaat.

Hamsyiah Kepala Dinas Sosial Kota Batam

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Tribun Batam tanggal 14 November 2017.