30 Juni 2013

Kartu Kredit Bukopin Lewat Telepon



Saya nasabah Bank Bukopin yang akhir-akhir ini terganggu dengan kartu kredit yang diterbitkan oleh Bank Bukopin. Pada awal 2012, saya dihubungi seseorang melalui telepon yang menjelaskan bahwa saya terpilih dan mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan kartu kredit Bank Bukopin. Dengan iming-iming bebas iuran tahunan, saya menyetujui dan terjadi wawancara tentang identitas diri saya untuk memenuhi persyaratan aplikasi kartu kredit.

Seminggu kemudian setelah wawancara, saya mendapatkan SMS bahwa permohonan kartu kredit saya disetujui dan kartu akan dikirim dalam tempo lima hari kerja. Namun, sampai Juni 2013 kartu kredit Bank Bukopin dimaksud belum saya terima. Saya pernah menghubungi call center Bukopin 14005 dan mendapatkan jawaban serta janji bahwa saya harus menunggu lima hari kerja terhitung dari saya menelepon. Namun, kartu kredit tetap tidak saya terima.

Setelah itu, hampir dua bulan sekali saya dihubungi melalui telepon seluler atau telepon rumah oleh Bank Bukopin menawarkan kartu kredit. Saya jelaskan bahwa saya sudah mendapatkan SMS bahwa aplikasi kartu kredit sudah pernah disetujui dan saya minta kartu kredit dimaksud dikirim saja.

Saya terkejut, bingung, dan kecewa karena tiba-tiba pada 17 Mei 2013 mendapatkan SMS bahwa ada tagihan Bukopin Visa Rp 125.000. Pada 22 Mei 2013, saya mendapatkan SMS lagi bahwa utang saya sudah jatuh tempo sejak 20 Mei 2013. Terakhir saya mendapatkan surat tagihan melalui kantor yang saya terima pada 10 Juni 2013. Tidak mungkin saya harus membayar yang saya belum terima pelayanannya.

Koswara Mamun
Jalan Asparagus, Bumi Kalijaga, Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat

Surat pembaca diambil dari Kompas tanggal 30 Juni 2013.