30 Juni 2013

Ganti Kartu Bank Mega Tanpa Konfirmasi



Saya pemegang kartu kredit silver Bank Mega sejak 2009. Pada Desember 2012, pihak bank menaikkan limit kredit menjadi Rp 8 juta tanpa konfirmasi. Pada Mei 2013, saya menerima kartu baru gold dan beberapa hari kemudian menerima tagihan. Yang membuat saya terkejut adalah ada tagihan iuran tahunan Rp 300.000 dan sepengetahuan saya tagihan ini untuk kartu jenis gold.

Ketika saya menghubungi customer service yang diterima Saudari Laras, saya menyatakan keberatan membayar iuran tahunan tersebut. Dijelaskan bahwa kenaikan limit adalah otomatis sehingga semua kewajiban saya mengikuti kondisi jenis kartu yang baru dan pembayaran iuran tahunan tidak bisa dibatalkan, tetapi bisa ditukar poin yang apabila tidak mencukupi bisa ditambahkan lagi dengan pembelanjaan.

Kebijakan Bank Mega merugikan nasabah. Menaikkan limit kredit tanpa konfirmasi dan ternyata dibarengi dengan perubahan jenis kartu gold yang baru saya terima lima bulan kemudian. Hingga kini belum saya aktifkan, tetapi saya sudah harus membayar iuran tahunan kartu dimaksud. Customer service Bank Mega berdalih bahwa fisik kartu sudah jadi sejak tahun lalu.

Ira Wicitra Warapsari
Jalan Keruing 10 Kompleks AL, Cilandak, Jakarta Selatan

Surat pembaca diambil dari Kompas tanggal 30 Juni 2013.