28 Juni 2013

Tugas Pembinaan Teritorial Tni Ad



Menanggapi surat di Kompas (10/6), PLN Didampingi TNI Ganti Meteran Pelanggan, yang disampaikan warga Desa Malala, Kecamatan Dondo Tolitoli, Sulawesi Tengah, dengan ini kami dari Kodim 1305/BT Tolitoli, Sulawesi Tengahyang membawahi Koramil-4/Dondoperlu menjelaskan sebagai berikut.

Bahwa Koramil 04/Dondo yang diminta bantuan oleh PT PLN (Persero) Tolitoli dalam pelaksanaan migrasi penggunaan meteran listrik dimaksud memandang permohonan bantuan kegiatan tersebut sebagai bagian dari tugas pembinaan teritorial (Binter) TNI AD. Dalam hal ini membantu Pemkab Tolitoli dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan waktu operasional pelayanan listrik.

Bantuan dimaksud merupakan implementasi UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Komandan Koramil-04/Dondo beserta anggota tidak pernah mempunyai itikad untuk melakukan intimidasi dan/atau menakut-nakuti, serta melakukan pemaksaan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Justru pelaksanaan kegiatan itu dilakukan secara baik-baik, santun, dan persuasif.

Letkol TSP Silaban
Komandan Komando Distrik Militer 1305/BT Tolitoli, Sulawesi Tengah

Surat pembaca diambil dari Kompas tanggal 28 Juni 2013.