28 Juni 2013

Tanggapan Bps Purwakarta



MEMBACA berita di HU Pikiran Rakyat 21 Juni 2013, halaman 23 yang bertajuk "Data Penerima BLSM Beda", BPS Kabupaten Purwakarta perlu mengklarifikasi beberapa hal.

1. Data rumah tangga sasaran (RTS) peneriraa raskin 2013 yang digunakan juga sebagai data penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) adalah data yang dikeluarkan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggiilangan Kemiskinan (TNP2K) hasil olahan dari Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) yang dikumpulkan BPS tahun 2011. BPS Kabupaten Purwakarta mendata 82.720 RTS (by name by address) yang mencakup 40 persen masyarakat berpendapatan menengah ke bawah. Dari data PPLS tersebut, TNP2K hanya merekomendasikan data penerima raskin 2O13/BLSM sebanyak 48.354 RTS.

2. Hingga Selasa, 25 Juni 2013, BPS Kabupaten Purwakarta tidak pernah diundang rapat untuk membicarakan pendistribusian BLSM/raskin. Oleh karena itu, pernyataan, "Dalam rapat BPS tidak bisa mempertahankan argumen penentuan jumlah warga tidak mampu", sangat tendensius dan tidak berdasar sama sekali.

3. BPS tidak melibatkan aparatur paling bawah yaitu kepala desa, RT, RW, sehingga terjadi tumpang tindih data." Pernyataan ini tidak sesuai dengan fakta bahwa petugas pengumpul data PPLS adalah mitra BPS yang tidak lain warga setempat yang direkrut BPS atas saran/rekomendasi dari kepala desa/lurah. Ketua RT adalah tokoh masyarakat yang menjadi narasumber pertama penentuan siapa saja warganya yang diperkirakan layak dikategorikan tidak mampu.

4. BPS Kabupaten Purwakarta dalam kaitan dengan BLSM hanya sebagai pengumpul/penyedia data dasar 40 persen masyarakat berpendapatan menengah ke bawah (data PPLS 2011) yang merupakan basis data terpadu untuk selunih program bantuan, seperti raskin, Jamkesmas, PKH, dan BLSM. Selanjutnya penentuan RTS yang berhak menerima manfaat dari program-program tersebut adalah sepenuhnya kewenangan TNP2K.

Kami harapkan pewarta lebih berhatihati dalam membuat pemberitaan. Bukankah good news is the best for all lebih bermakna dari sekadar bad news is good news?

Asep Riyadi
Kepala BPS Kabupaten Purwakarta
Jln. Cikaso No. 81 Bandung

Surat pembaca diambil dari Pikiran Rakyat tanggal 28 Juni 2013.