28 Juni 2013

Sms Penipuan Kembali Hadir



`SMS Penipuan Kembali Hadir `S LMT, No sim-CARD Anda men-dptkan hadiah Rp49jt dr INDOSAT POIN PLUS PLUS dgn pin pemenang 277fg49,info klik. http://www.programundian2013.webs.com.'

Pemberitahuan tentang hal ini dari nomor +6285718222639 pada pukul 06:56 WIB. Sebelumnya pada pukul 06:35 WIB pemberitahuan serupa datang dari nomor telepon +6285656045711.

Wah... sungguh rezeki yang tidak disangka-sangka hadir ketika impitan hidup semakin berat akibat penaikan harga BBM. Seandainya itu benar-benar terjadi, saya pasti menjadi orang paling bahagia sedunia. Saya memang pernah mendapatkan hadiah dari Indosat ketika ada program hadiah berupa voucer beberapa tahun lalu.

Iseng-iseng saya coba klik laman yang dikirimkan ke ponsel. Benar, pin tersebut berada di peringkat empat untuk mendapatkan hadiah cek senilai Rp49 juta (tapi kok tanggung ya, mengapa tidak digenapi menjadi Rp50 juta). Pemenang utama mendapatkan sedan premium.

Yang luar biasa, laman tersebut didesain dengan apik dan terlihat seperti sungguhan.

Bahkan di bawah tabel pemenang ada kalimat seperti ini, Acara pengundiannya disiarkan live di Trans TV pukul 23.00 WIB. Semoga Anda sebagai pemenang. Kami telah menyaksikan langsung acara pengundian yang kami selenggarakan. Hanya, tidak dijelaskan kapan siaran langsung tersebut.

Saya coba bandingkan dengan laman milik Indosat, hampir tidak ada bedanya dan bisa membuat mereka yang tidak waspada bakal terjebak di sini. Saya sejak awal sudah yakin kalau layanan pesan singkat (SMS) tersebut adalah penipuan.

Sebab, SMS dari operator pasti tidak menggunakan nomor telepon, tapi langsung memunculkan nama operator tersebut.

Semoga tidak ada korban akibat SMS seperti ini mengingat saat ini kondisi masyarakat sedang kurang nyaman akibat penaikan harga BBM. Ditambah sebentar lagi menghadapi Ramadan dan Lebaran sehingga kebutuhan hidup pasti meningkat.

Suprihatno
Kedoya, Jakarta Barat

Surat pembaca diambil dari Media Indonesia tanggal 28 Juni 2013.