28 Juni 2013

Musibah Asap Mencoreng Nama Bangsa



Bencana kebakaran lahan dan hutan di Sumatra telah mengaduk- aduk kehormatan bangsa Indonesia di mata internasional. Indonesia terlihat tidak mampu mengatasi masalah tersebut dan akhirnya mengganggu negara tetangga, yakni Singapura dan Malaysia. Ini sungguh sangat memalukan. Tapi, di sisi yang lain, Indonesia juga tidak bisa menempatkan diri dalam percaturan diplomasi dunia. Musibah asap ini memang sumber apinya berada di wilayah Indonesia.

Tapi, harus segera dipastikan siapa sebenarnya pemantik api di lahan dan hutan-hutan yang terbakar itu. Kita telah mendengar banyaknya keterlibatan perusahaan Singapura dan Malaysia dalam persoalan ini. Hal ini perlu segera diusut dan dipastikan, kemudian diumumkan kepada dunia.

Cara seperti ini sangat penting untuk ditempuh supaya persoalan asap tidak lantas menjadi arang yang mencoreng wajah Ibu Pertiwi. Kita sudah menjadi korban dengan hangusnya sebagian lahan dan hutan, jangan lagi ditambah beban dengan tercoreng kehormatan kita di mata dunia. Pemerintah dan elemen terkait punya tang gung jawab besar untuk mengatasi masalah ini.

Aisyah Maulida RT 03/01 Muaro Kumpeh, Provinsi Jambi

Surat pembaca diambil dari Republika tanggal 28 Juni 2013.