27 Juni 2013

Investor Minta Purdi Chandra Kembalikan Uang



Pada 2011, saya mengikuti seminar dengan pembicara Purdi Chandra, pemilik usaha bimbingan belajar (bimbel) Primagama yang sangat terkenal. Pada akhir seminar, Purdi Chandra, sang pengusaha bimbel Primagama mengatakan akan membuka usaha baru bernama Primagama Islamic Internasional School atau disingkat PIIS. Kemudian, Purdi Chandra menawarkan kepada para peserta yang berminat untuk diberi penjelasan.

Penjelasan tentang PIIS ini kemudian dilanjutkan pada keesokan hari pagi sekitar pukul 08.00 di Hotel Gumaya. Dalam penjelasan itu, Purdi Chandra menawarkan PIIS ini dengan sistem waralaba titip kelola. Jadi, pembeli waralaba tidak ikut dalam pengelolaan dan manajemen PIIS. Karena yang mengajak Purdi sendiri, saya percaya dan ikut membeli waralaba dan penandatanganan MoU dilakukan di Jakarta, di rumah Purdi.

Setelah menanti dua bulan, saya diberi tahu, lokasi PIIS di Jl Menteri Supeno. Mendapatkan kabar tersebut saya senang kadena sebentar lagi sekolahnya akan buka. Tapi, ternyata itu hanya kabar terakhir yang menggembirakan karena setelah itu saya menunggu berbulan-bulan, bahkan sampai satu tahun lebih tidak ada perkembangan lagi. Akhirnya karena sudah setahun lebih tidak ada perkembangan, saya berusaha menanyakan dan akhirnya dapat kabar bahwa PIIS tidak jadi dijalankan.

Pengembalian dana dijanjikan Januari 2013 dan mundur menjadi Februari 2013. Mundur lagi menjadi April 2013. Tapi, sampai bulan Juni 2013 ini uang saya belum juga dikembalikan dan Purdi kalau ditelepon tidak diangkat dan di-SMS tidak dibalas. Bapak Bambang (pegawainya) yang konon dipercaya mengurus pengembalian dana juga tidak bisa ditelepon. Dengan terpaksa saya meminta kembali uang saya.

Taufik H Jl Tusam Timur I No 20 Pedalangan Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah

Surat pembaca diambil dari Republika tanggal 27 Juni 2013.