24 Juni 2013

Komplain Kartu Kredit Bank Mandiri



Saya adalah mantan pemegang Kartu Kredit Bank Mandiri. Karena jarang saya pergunakan, kartu kredit ini sudah saya tutup sejak tahun 2011.

Beberapa waktu yang lalu, saya baru mengetahui dari financial manager saya di salah satu bank bahwa saya memiliki status Bad Record di Bank Indonesia karena ada tunggakan kartu kredit di Bank Mandiri. Mengingat saya sudah menutup kartu kredit dan tidak pernah menerima tagihan dari Bank Mandiri mengenai hal ini, saya samasekali tidak mengetahui tentang adanya tagihan tersebut.

Setelah saya konfirmasi pada Bank Mandiri, tagihan yang dimaksud adalah tagihan annual fee, yang walaupun kartu kreditnya sudah ditutup tapi tetap dikenakan pada saya dan tidak pernah ditagihkan pada saya.

Hal ini terus terang merugikan saya, karena mengakibatkan kegiatan perbankan saya di bank-bank lain menjadi terhambat. Permasalahan ini sudah saya laporkan melalui Mandiri Card Center (021 - 5299 7777) bulan kemarin.

Tapi hingga saat saya menulis surat ini, ternyata masih belum selesai juga dengan alasan bahwa masih dikoreksi sebagian. Setelah saya tanyakan lebih detil lagi, mengingat proses penghapusan pencatatan yang salah seharusnya bisa langsung menyelesaikan permasalahan ini, customer service officer yang menerima pengaduan saya hanya memberi jawaban Akan kami laporkan kembali.

Saya sungguh kecewa dengan sikap Bank Mandiri. Bad Record ini terjadi bukan karena kesalahan saya tapi saya menjadi sangat dirugikan dan pihak Bank Mandiri terkesan tidak kooperatif dan tidak aktif dalam membereskan permasalahan ini.

Arvin Warsanto,
Surabaya

Surat pembaca diambil dari Kontan tanggal 24 Juni 2013.