22 Juni 2013

Saran Dan Masukan Buat Persib



SEBAGAI penggemar Persib, saya bangga dan bergembira apabila Persib bisa memetik poin/kemenangan dalam lagalaga pertandingannya di TSL Namun, ketika akan berhadapan dengan lawan yang peringkatnya di bawah Persib, terkadang saya suka miris membaca harapan yang cenderung sedikit muluk.

Saya baca di Persib pasti menang. Demikian judul yang sering saya baca. Apalagi dibumbui dengan komentar kehebatan setiap pemain. Padahal, belum tentu. Bola itu bundar. Menurut saya, optimisme yang berlebihan bisa mcmbuat pemain lupa daratan dan cenderung memandang enteng lawan. Permainan sepak bola adalah permainan kolektif, bukan individual. Masih mending menang, tapi kalau kalah? Jelas kita juga ikut kecewa, apalagi pola permainannya tidak seperti yang diharapkan.

Oleh karena itu, saya memberi saran dan masukan. Untuk wartawan, kalau mau buat berita tentang Persib, agar dibuat dengan berita wajar. Tidak usah terlalu bombastis, tetapi tetap dikemas menarik. Tidak perlu dihebathebat pemain si A atau si B, seperlunya saja.... Berita seperti itu bisa membuat pemain lupa pada kualitas pemain lawan dan tidak mustahil akan memicu hal lain, misalnya memandang enteng lawan.

Ingat klubklub lain juga sama ngarulik, baik strategi maupun kualitas pemainnya. Kemudian untuk para pelatih, manfaatkan para pemain lokal binaan sendiri. Tidak usah terlalu pesimistis. Kita lihat banyak pemain binaan Persib justru berkembang di klubklub lain di ISL. Gesit dan bertenaga. Beri kesempatan kepada pemain muda sebagai starter. Hidup Persib!


Surat pembaca diambil dari Pikiran Rakyat tanggal 22 Juni 2013.