21 Juni 2013

Kredit Rumah Cimb Niaga



Akhir Maret 2013, saya menjual rumah yang berada di Villa Dalung, Bali. Pembeli membayar dengan fasilitas kredit bank. Domisili pembeli di Bengkalis, Riau, maka proses kredit mela- lui CIMB Niaga Cabang Duri, Riau. Akta jual beli direncanakan pada 14 Mei 2013 di Denpasar.

Karena dokumen perjanjian kredit dari CIMB Niaga belum siap, akta jual beli dan tanda tangan perjanjian kredit diundur ke 16 Mei 2013 (pada 15 Mei 2013 Pilkada Bali). Akta jual beli dan tanda tangan perjanjian kredit pembeli dilakukan pada hari yang sama karena pembeli harus datang dari Riau ke Denpasar.

Setelah kami tiba di Kantor CIMB Niaga Denpasar Melati, hingga pukul 11.00 Wita ternyata dokumen perjanjian kredit belum siap dan, sebelum proses akta jual beli, saya menegaskan bahwa dana masuk apakah tetap bisa ditransfer pada hari itu juga? Dijawab pihak CIMB Niaga Duri, Bisa.

Hingga malam hari, tidak ada dana masuk. Keesokan hari dijanjikan bahwa dana pasti masuk siang hari, tetapi saya harus kecewa karena sampai pukul 15.00 Wita dana belum masuk. Padahal, saya membutuhkan dana ini untuk rekan bisnis.

Dana baru masuk sekitar pukul 19.00 Wita sehingga saya baru bisa melakukan transaksi pada Senin. Sebagai pelaku usaha yang menjaga kepercayaan kolega bisnis, saya dirugikan oleh pelayanan CIMB Niaga Duri yang tidak profesional.

Tomy Antonius Ruko Sutramas Kaveling A1, Denpasar

Surat pembaca diambil dari Kompas tanggal 21 Juni 2013.