20 Juni 2013

Menunggu Kepastian Penyaluran Blsm



Redaksi Yth,

Penafsiran politikus yang mengatakan pemerintah seakan-akan menunda pengumuman kenaikan BBM bersubsidi menjadi sebuah perhatian kita bersama.

Dapat dimungkinkan hal tersebut karena administrasi skema kompensasi Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) belum sepenuhnya terpenuhi.

Menurut pandangan saya, kenaikan harga BBM bersubsidi memang harus memenuhi prosedur yang ada, apalagi kenaikan harga BBM dibarengi dengan kompensasi BLSM.

Kiranya kita perlu sedikit bersabar mengenai kenaikan,harga BBM bersubsidi, karena saya yakin prosedur skema BLSM untuk rakyat miskin memang belum maksimal terpenuhi.

Saya juga memandang bahwa banyak penafsiran politikus yang menganggap pemerintah seakan-akan menunda pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi tersebut, saya kira salah besar logikanya bahwa kenaikan harga BBM yang dibarengi dengan kompensasi BLSM kepada rakyat miskin harus sejalan bersama.

Apalagi hal itu dapat dimungkinkan proses data orang miskin yang ada di Indonesia harus terdata baik. Dengan kata lain, BLSM harus tepat sasaran dan tidak terjadi penyelewengan pada pembagian BLSM nantinya.

Saya berharap sewaktu pemerintah akan membagikan BLSM harus dengan kontrol yang ketat agar apa yang menjadi jatah rakyat miskin tidak kembali disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu.

Prayoga Pambudi
Gg Kubis No 56
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Surat pembaca diambil dari Sinar Harapan tanggal 20 Juni 2013.