20 Juni 2013

Desa Juga Perlu Listrik Dan Teknologi



Salah satu penyebab kesenjangan sosial di Indonesia disebabkan dukungan infrastruktur yang belum merata. Contoh yang pa ling jelas adalah minimnya penyediaan listrik dan teknologi.

Hal ini terjadi di berbagai wilayah, misalnya, Bengkulu, Jakarta, Kalimantan Utara, dan Malang. Berdasarkan keterangan Komisi V DPR RI, pemberdayaan listrik serta teknologi masuk desa masih sangat minim. Padahal, listrik dan teknologi merupakan kebutuhan utama pada zaman modern ini.

Maka dari itu, pemerintah hendaknya merancang program pemberdayaan listrik dan teknologi untuk desa secara bersamaan. Pemerintah harus konsisten mengalokasikan dana APBD untuk ke perluan pemberdayaan. Pemerintah juga harus mampu menyosialisasikan teknologi pada masyarakat desa untuk kebutuhan positif, misalnya, penggunaan akses internet, penggunaan katalog online, dan peningkatan ilmu pengetahuan melalui teknologi.

Dengan adanya pemberdayaan listrik dan teknologi di desa maka penduduk desa juga berkesempatan merasakan peningkatan kesejahteraan hidup. Selain itu, warga desa juga dapat mendorong terciptanya lapangan pekerjaan dan sektor manufaktur yang dapat menyerap tenaga kerja sehingga warga desa dapat mencapai kehidupan mandiri.

El Hezekiah Sabbat RT 007/001 Pisang Candi, Sukun, Kota Malang

Surat pembaca diambil dari Republika tanggal 20 Juni 2013.