20 Juni 2013

Mp3ei Dan Pemerataan



MASTERPLAN Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) merupakan sebuah program yang bertujuan untuk pemerataan pembangunan. Selama ini pembangunan lebih banyak terjadi dan terpusa di Pulau Jawa, sedangkan negara kita terdiri atas ribuan pulau dengan 33 pemerintahan tingkat provinsi dan lebih dari 500 kabupaten dan kota. Bagaimana jadinya kalau pembangunan terus terpusat hanya di Pulau Jawa sementara daerah-daerah lain terabaikan.

Tentu saja keutuhan NKRI akan terganggu. Itulah makanya perlu adanya upaya pemerataan pembangunan agar seluruh bangsa Indonsia bisa samasama menikmati kesejahteraan yang diraih bangsa ini.

Tentu saja untuk mewujudkan kesejahteraan bagi semua bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Ini semua tidak bisa dilakukan dengan aksi sulap atau menggunakan tongkat sihir. Berjalan dan suksesnya program ini tergantung banyak faktor dan elemen serta membutuhkan waktu yang lama untuk mewujudkannya. Faktor-faktor tersebut seperti biaya, ketersedian lahan, perangkat hukum dan perundang- undangan daerah, dan sebagainya. Selain itu, dibutuhkan pula kerja sama yang solid antara pemerintah dan badan usaha milik negara (BUMN) ataupun investor lokal dan manca negara. Tak kalah pentingnya adalah dukungan dan partisipasi masyarakat secara keseluruhan dari seluruh Nusantara.

Dengan fundamental perekonomian yang bagus ditambah dengan bergulirnya program MP3EI, kita yakin Indonesia akan terus bergerak maju dan pada saatnya akan tercapai Top 10 World Economy pada 2025. Pada tahun itu Indonesia diperkirakan sejajar dengan negara maju seperti Jerman, Korea, dan Tiongkok. Makanya jangan terlalu cepat merasa puas diri dan terlena dengan pencapaian yang kita raih selama ini.

Chintia Bela Jalan Burangrang Perumnas II Bekasi Barat

Surat pembaca diambil dari Investor Daily tanggal 20 Juni 2013.