17 Juni 2013

Profesional Dan Idealisme Media



Peranan media sebagai salah satu pusat informasi publik memberikan sebuah arti penting bagi rakyat. Dalam pertemuan puncak pemimpin redaksi se-Indonesia di Bali Nusa Dua Convention Center, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdialog langsung dengan pemimpin redaksi se-Indonesia, dalam agendanya SBY tampil sebagai keynote speaker.

Menurut pendapat saya, kepemimpinan SBY sebagai seorang kepala negara perlu diapresiasikan oleh kita, khususnya peranan langsung terhadap media sebagai salah satu pusat informasi publik.

Saya juga menilai media memang perlu menempatkan diri sebagai subjek dari berbagai bentuk pendewasaan diri, karena media dapat memicu kecenderungan keberpihakan dari para kalangan yang akan tampil.

Media juga harus mengedepankan sikap profesionalisme dan kembali kepada kebenaran dalam kemasan informasi, bukan hanya untuk sebuah kepentingan pribadi maupun golongan.

Penyampaian sebuah informasi selayaknya diperketat kembali, sebab saya melihat sumber berita yang ada justru seakan-akan tidak konsisten terhadap kenyataan yang terjadi di lapangan.

Dengan kata lain, kedudukan dan peran media harus menjadi lebih penting lagi dalam mengisi informasi yang ada.

Bukti yang lebih relevan lagi, mengenai media yang ada di Indonesia adalah penggalangan dukungan rakyat terhadap informasi yang diterima, dengan kata lain sorotan media mengenai kepentingan politik figur, terhadap kehadirannya di media menjadi acuan opini publik akan sikap kenetralitasan sebuah media.

Jadi menurut saya ketika peran kepala negara mengapresiasikan sikap media untuk lebih netral dalam setiap pemberitaan, saya menilainya sangatlah wajar.

Dan sikap tersebut selayaknya memang diterapkan oleh setiap media yang ada di Indonesia ini. Jadi sikap netral sebuah media harus diuji di sini, apakah aspirasi masyarakat tersebut ada ataukah memang aspirasi politiklah yang pu nya peran dalam media.

Julius Sihotang Jl. Wijaya No.1, teluk Gong Raya, Rt 05/02, Jakarta Utara

Surat pembaca diambil dari Bisnis Indonesia tanggal 17 Juni 2013.