17 Juni 2013

Sempurnanya Kemacetan Di Jalan Pondok Indah



KAMIS (13/6) sore, sesudah turun hujan lebat, jam pulang kantor, saya mengantarkan keluarga yang tinggal di JI Pondok lndah, sekitar lima rumah dari Bundaran Pondok Indah. Sudah 8 menit, belum juga saya bisa keluar dari rumah. Jalan macet total. Terlihat dua bus Trans arah Lebak Bulus juga tertahan berjarak 30-35 meter satu sama lain.

Dari mobil terlihat mobil dan motor saling mengunci di Bundaran dan lampu merah sama sekali tidak dipedulikan. Kemana Polantas? Di sekeliling bus Trans arah Lebak Bulus makin terkepung puluhan mobil dan ratusan motor. Bahkan di samping mobil saya, di atas trotoar, juga terlihat puluhan motor tak bisa bergerak. Dari arah Lebak Bulus kondisinya pun sama, macet.

Di tahun 2000-an selain teduh, jalan Pondok Indah ini lancar sekali. Lalu 10 tahun kemudian, jalari ini macet total dari jam 06.00 sampai jam 22.00. Tak heran kalau warga minta Pemda memindahkan jalur busway ke Jalan Pondok Pinang. Naik motor di Pondok lndah, belum tentu Valentino Rossi atau Danny Pedrosa bisa.

Koentjoro Koesnoeljakin
SP-1811/FPRM-Bogor

Surat pembaca diambil dari Rakyat Merdeka tanggal 17 Juni 2013.