14 Juni 2013

Mp3ei Antibodi Jebakan Kelas Menengah Masterplan



MP3EI ANTIBODI JEBAKAN KELAS MENENGAH MASTERPLAN

Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) merupakan langkah awal untuk mendorong Indonesia menjadi negara maju dan masuk 10 negara besar di dunia pada 2025.
Hal itu dilakukan melalui pertumbuhan ekonomi tinggi yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut, diharapkan pertumbuhan ekonomi nilai rata-rata sekitar 7-9 persen per tahun secara berkelanjutan.

Pengembangan MP3EI dilakukan dengan pendekatan breakthrough yang didasari oleh semangat "Not Business As Usual". Itu dilakukan melalui perubahan pola pikir bahwa keberhasilan pembangunan ekonomi tidak hanya tergantung pada pemerintah saja. melainkan merupakan kolaborasi bersama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD, dan swasta. Pihak swasta akan diberikan peran utama dan penting dalam pembangunan ekonomi terutama dalam peningkat-, an investasi dan penciptaan lapangan kerja, sementara pihak pemerintah akan berfungsi sebagai regulator, fasilitator, dan katalisator. Dari sisi regulasi, pemerintah akan melakukan deregulasi terhadap regulasi yang menghambat pelaksanaan investasi. Fasilitasi dan katalisasi akan diberikan oleh pemerintah melalui penyediaan infrastruktur maupun pemberian insentif fiskal dan nonfiskal.

Belakangan yang menjadi momok menakutkan bagi perekonomian Indonesia ialah perangkap pendapatan menengah atau middle income trap. Pemerintah Indonesia sangat menghindari hal itu. Kenapa demikian, target Pemerintah Indonesia dalam tahun-tahun kemudian ingin memperbaiki sistem ekonomi yang sudah berjalan. Middle income trap merupakan perangkap yang berbahaya bagi Indonesia. Indonesia yakin bahwa 10-15 tahun ke depan akan masuk ke High Income Country dengan pendapatan domestik
sebesar US$15.000.

Untuk mencapai visi misi pembangunan nasional 2025 atau 2030 diperlukan re desain atau reorientasi strategi pembangunan secara lugas, konkret, dan komprehensif. Alternatif strategi pembangunan yang berbasis pada pemanfaatan potensi sumber daya dan pengembangan ilmu pengetahuan yang diikuti dengan penguasaan teknologi guna membangun dan memiliki daya saing global bukanlah merupakan pilihan mutlak. Namun, desain kebijakan atau strategi pembangunan yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya yang optimal dengan dukungan ilmu pengetahuan, penguasaan teknologi dan penguatan daya saing global suatu bangsa setidak-tidaknya akan memberikan keyakinan yang lebih kuat dalam merintis jalan untuk ter capainya visi misi pem bangunan Indonesia 2025 atau 2030.

Untuk itu MP3EI menjadi harapan pemerintah untuk terus menggenjot ekonomi dalam negeri, khususnya yang ada dalam koridor MP3EI itulah yang menjadi prioritas utama pembangunan ekonomi. Pemerintah yakin bahwa hal itu akan menjadi kenyataan dengan awal yang baik. Pada saat ini saja, target-target ekonomi kita sudah bisa kita capai dengan gemilang dalam waktu yang singkat. Untuk itu pemerintah hanya butuh dukungan yang besar dari seluruh masyarakat atas apa yang sudah di jalankan dan dilakukan saat ini.


Adinda Marta
Bintaro Sektor 7
Tangerang Selatan


Surat pembaca diambil dari Sindo Weekly tanggal 14 Juni 2013.