14 Juni 2013

Sikat Terus Pejabat Korup



SEJUMLAH lembaga antikorupsi, kemarin, melansir temuan adanya indikasi korupsi di sektor perkebunan dan kehutanan. Potensi kerugian negara diperkirakan menyentuh angka triliunan rupiah. Salah satu kasusnya, dugaan suap penerbitan izin pertambangan.
Tak hanya anggaran negara yang tergerogoti korupsi. Hutan kekayaan alam pun tak luput dari bahaya laten korupsi. Pemberantasan korupsi mesti untas termasuk di sektor hutan dan tambang yang lokasinya jauh di daerah. KPK tak perlu ragu, seret terus pejabat korup ke meja hijau.

Taufan Kuntoadji
Kalo sumber daya alam, sumber hasil hutan dan sumber hasil laut yang ada di negara kita, tidak dikorupsi para pencoleng uang negara, maka sebenarnya kita tidak perlu berhutang kepada negara lain atau lembaga keuangan dunia, mungkin negara kita sudah jadi negara maju, tapi impian-impian tersebut kandas oleh para pencoleng uang negara atau koruptor, sebaiknya koruptor dihukum berat dan hartanya sita habis tanpa kecuali siapa koruptornya.

Bermana Alamsyah
Korupsi, Narkoba,Perkosaan setiap hari terjadi, tak ubah layaknya seperti pasien diberi obat oleh dokter untuk diminum satu hari tiga kali. Apa yang salah di negeri kita ini , perangkat hukum sepertinya tidak berdaya.


Achmad Ristanto
Sebenarnya tidak sulit berantas korupsi. Terapkan pembuktian terbalik. Usut asal usul kekayaan para' pejabat. Jika tidak bisa dibuktikan dari mana mereka peroleh, adili dan hukunn seberat-beratnya. lktikad ini harus dimulai dari presiden dari DPR. Kalau pemerintah dan dewan tidak mau buat UU Pembuktian Terbalik, sampai kapan pun semua sektor, termasuk perkebunan dan kehutanan jadi obyek para pejabat cari laba dengan keluarkan ijin alih fungsi lahan jadi pertambangan.

Wawan Darmawan Djalil
Heheee, apa saja kerjaannya lembaga tersebut selama ini ? Korupsi di sektor perkebunan dan kehutanan sudah dari dulu1 Buktinya bisa dilihat dari jumlah kekayaan para pejabatnya yang diatas rata-rata PNS. Hayooh rakyat di negeri ini, kita berantas para koruptor yang telah menyengsarakan lbu Pertiwi !

Hasian Ian
Yaa sektor Perkebunan kayaknya belum pernah *dijamah* terutama perkebunan Kelapa Sawit (Biaya Land clearing). Juga perkebunan Swasta Nasional dan PMA serta Kebun Pribadi di atas 50 Ha dari segi Pajak Penghasilan.

Salvia Rafa AAyuningtyas
Kita sudah terjerat hutang lebih dari 2 000 triliun. Kekayaan alam kita sudah beralih ke asing dengan berbagai istilah. Lantas berapa beban yang harus ditanggung 237 juta penduduk Republik ini untuk bayar hutang akibat utah para koruptor ?

Simbah Jarangneng Omah
Aneh bin ajaib lahan perkebunah sawit di negeri ini ternyata 80 persen dikuasai oleh perusahaan Malaysia. Begitu pula lahan pertambangan. Terus pd kemana BUMN kita selama ini. Hanya ada 1 pilihan Nasionalisasikan jika ingin NKRI tidak bubar.

Mayangsari Asbun NDomble
Korupsi tidak akan bisa habis manakala pemimpin kita tdk tegas. Dan tidak memberikan suri teladan kepada rakyatnya. Masih terngiang slogan partai pemerintah peserta Pemilu 2004 "Bersama kita bisa?." Dan Pemilu 2009 "Katakan tidak pada (HAL) korupsi !".

Surat pembaca diambil dari Rakyat Merdeka tanggal 14 Juni 2013.