14 Juni 2013

Bijak Menyikapi Harga Bbm



Berita media terakhir yang hangat yakni masalah tolak dan dukung kenaikan BBM (baca: penyesuaian). Masing-masing pihak, baik yang menolak maupun yang mendukung punya alasan dan dalih sendiri-sendiri. Yang jelas bila sudah menyangkut BBM, maka yang jelas terkait harga-harga di pasaran.

Lebih tegasnya, penyesuaian BBM menyangkut hajat hidup orang banyak, terutama kelangsungan hidup orang kecil. Mereka yang mengaku orang have (berada), mungkin tidak goyah periuk nasinya bila BBM naik. Lain halnya wong cilik. Sumber persoalan BBM kini sudah ditunggangi kepentingan politis, sehingga isu kenaikkan BBM selalu ramai dibicarakan.

Secara logis, BBM naik ataupun tidak naik selalu ada sisi plus dan minusnya. Tapi kok mereka saling perang spanduk, Tolak Kenaikan BBM atau Dukung Kenaikan BBM. Sebenarnya baik yang menolak maupun yang mendukung kenaikkan BBM, punya dampak masing-masing, yang semestinya mereka harus siap menang gung dampak itu semua. Yang jelas kelangsungan hidup orang kecil jangan sampai goyah karena imbas kenaikkan BBM tersebut.

Wisnu Widjaja Kalibuntu, Tegal

Surat pembaca diambil dari Republika tanggal 14 Juni 2013.