14 Juni 2013

Perbanyak Ambulans Gratis



Telah melayani pengurusan dan pengantaran 1.743 jenazah dari keluarga kurang mampu secara lengkap dan Islami ke-50 kota/kabupaten di Pulau Jawa dan Lampung melalui program Layanan Jenazah Gratis. Sungguh, realita keluarga tak mampu yang meninggal dunia tapi tak mampu menyewa ambulans, nyatanya masih banyak. Kami hanya berpikir sederhana. Mereka saat hidup di dunia telah bermandi peluh dan impitan kemiskinan, akankah saat memenuhi panggilan Tuhannya harus juga dipersulit?

Mempermudah pemakamannya, kami pikir cukup untuk mewujudkan keadilan hidup yang diimpikannya. Juga mengurangi rasa bersalah kita, lantaran tak mampu mengangkatnya dari kerak kemis kinan. Sampai hari ini, dalam sehari kami dapat permohonan rata-rata lima sampai sembilan jenazah.

Dengan dua unit ambulans, hanya dua sampai tiga jenazah yang bisa dilayani. Kami berusaha sebaik mungkin. Tapi, jika pengantaran ke Jawa dan Lampung, tak cukup sehari kami antarkan. Ditambah lagi jika ambulans kami harus diservis, karena memang kondisi fisiknya tua dan tergolong mobil capek. Artinya, banyak jenazah yang tak tertangani.

Kini, kami berupaya untuk meningkatkan kemampuan layanan agar lebih banyak keluarga tak mampu yang terlayani dengan jangkauan sebaran manfaat yang lebih luas. Diperlukan dua unit ambulans lagi, agar kami dapat memenuhi permintaan masyarakat tak mampu bisa lebih merata lagi.

Al Azhar Peduli Ummat Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jaksel (021-722 1504)

Surat pembaca diambil dari Republika tanggal 14 Juni 2013.