14 Juni 2013

Perusahaan Rokok Melawan Perjuangan Antimerokok



Akhir-akhir ini sedang gencar beredar iklan salah satu merek rokok bertema Dont Quit dan, dengan menggarisbawahi huruf-huruf tertentu, terbacalah: Do It. Pesan itu sungguh sangat tidak peka terhadap upaya merawat kesehatan, terutama di tengah gencarnya kampanye antimerokok dan bahaya merokok.

Kita semua menyadari jutaan manusia terpuruk dalam masalah kesehatan akibat rokok. Triliunan rupiah yang semestinya bisa untuk meningkatkan gizi keluarga habis terbakar oleh rokok. Kita semua prihatin: dari tahun ke tahun usia perokok belia selalu meningkat.

Kita juga sedih bahwa usaha gencar pemerintah memerangi asap rokok mulai dari mal, gedung perkantoran, hingga angkutan umum masih menemui banyak kendala. Para perokok tentu butuh dukungan agar mereka bisa terlepas dari belenggu asap rokok. Perjuangan ini tidak mudah.

Saat dunia tengah gencar meneriakkan pesan Quit Smoking, ternyata ada perusahaan rokok di Indonesia yang dengan enteng melawan perjuangan mulia itu dengan tema kampanye Dont Quit! Sungguh memprihatinkan.

Bambang Wahyudi Kencana Loka BSD Sektor XII-5, Serpong, Tangerang Selatan, Banten

Surat pembaca diambil dari Kompas tanggal 14 Juni 2013.