13 Juni 2013

Pemerintah Punya Solusi Atasi Masalah Tanjung Priok



Kecaman keras kepada pemerintah dengan melakukan aksi mogok besarbesaran di Tanjung Priok clilakukan. Aksi mogok besar-besaran tersebut ditenggarai akibat kebijakan Menteri. Negara BUMN, Dahlan Iskan dan Organda DKI Jakarta, khususnya angkutan peti kemas, kebijakan tersebut dengan menunjuk lima perusahaan besar oleh Dahlan Iskan. Respons akan hal pemogokan tersebut pada akhirnya terdengar oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI Hatta Rajasa sebagai problem solver, untuk mencari solusi terbaik agar semua itu tidak terjadi dan Tanjung Priok kembali beroperasi lagi.

Pendapat saya dengan adanya aksi mogok besar-besaran tersebut sebenarnya adalah aksi nyata bagi para pekerja disana, apalagi kebijakan yang dilakukan oleh Dahlan Iskan tidak tepat sehingga memicu mogok besar-besaran tersebut. Saya juga sebagai rakyat melibat apa yang dilakukan seorang Hatta Rajasa sebagai salah seorang pemecah kebuntuan masalah telah tepat, dalam arti Hatta menunjukkan kernampuannya sebagai seorang leader dan negosiator handal.

Selain itu juga terdengar kabar bahwa perbaikan jalan di Pelabuhan Tanjung Priok kurang memadai, akibatnya timbul antrian panjang yang pada akhirnya akan menghambat distribusi barang. Saya juga beransumsi jika Baja aksi mogok ini terus berlangsung dapat mengakibatkan mengganggu arus ekspor, sehingga perlu dicari solusi terbaik secepatnya.

Saya yakin dengan kemampuan seorang Hatta Rajasa yang memiliki jam terbang baik dalam hal sebagai seorang negosiator handal, dapat memberikan sebuah solusi tepat untuk mengatasi permasalahan Tanjung Priok ini. Dan saya berharap keputusan konkrit pemerintah dalam mencari solusi tersebut didukung masyarakat, serta memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia, jangan sampai permasalahan aksi mogok ini dapat mengganggu pendistribusian bagi perekonomian nasional.

Saya berkeyakinan bahwa kernatangan pola pikir seorang Hatta dalam menyingkapi permasalahan nasional. cukup terbilang telah membawa angin segar dalam masyarakat kita, khususnya pada tingkat perekonomian nasional bangsa. Menurut saya pula, dalam kenyataan yang terjadi pada perekonomian bangsa memang tidak terlepas dari nama seorang Hatta Rajasa, Berbagai kebijakan yang telah ditetapkan dalam menjaga ekonomi bangsa ternyata telah tepat dalam setiap kebijakan Indonesia kedepannya. Soya mengapresiasikan sekali apa yang dilakukan Hatta, karena kebijakan ekonomi bangsa tanpa dirinya dalam menghadapi "crisis global yang scat ini terus berlangsung, Hatta kebijakan-kebijakan yang teat untuk solusi terbaiknya.

Pambudi Satria Pondok Timur Indah, Bekasi Timur
Email : pambudisatria@yahoo.com

Surat pembaca diambil dari Forum Keadilan tanggal 13 Juni 2013.