13 Juni 2013

Pelayanan Askes Pilih Kasih



Saya pemegang kartu Askes dengan nomor 0000194878809 dan menggunakan fasilitas dari Askes itu untuk berobat ketika didiagnosis dokter Hery Djagad P, SpPD terkena hepatitis B akut.

Dalam pengobatan selama hampir dua tahun (2011-2013), kondisi saya terus membaik dengan penurunan jumlah titer/ virus. Namun, sebagai peserta Askes dengan vonis hepatitis B akut, saya ingin tahu mengapa dalam pelayanan pengobatan untuk peserta Askes hanya sampai 24 bulan?

Padahal, menurut dokter spesialis, sampai dinyatakan virus tidak terdeteksidengan mengacu pada hasil tes darah di laboratoriumjangka waktu pengobatan tidak bisa ditentukan. Saya menuntut hak saya sebagai peserta Askes karena setiap bulan gaji saya dipotong untuk layanan kesehatan dari Askes.

Penyakit hepatitis B akut sepertinya dibedakan oleh Askes dalam pelayanan pengobatan, tidak seperti, misalnya, pelayanan penyakit hipertensi, diabetes, jantung, dan kemoterapi. Menurut pengalaman dari peserta Askes, penderita jantung memperoleh pengobatan sampai seumur hidup.

Merujuk rekomendasi dari dokter spesialis penyakit dalam/hepar, Hery Djagad P, pengobatan masih diperlukan sampai tak berbatas waktu, yang artinya dengan mengacu pada hasil laboratorium yang nantinya menunjukkan virus tidak terdeteksi atau Log 10 pangkat 0. Saat ini, bulan pengobatan ke-23, hasil laboratorium Log 10 pangkat 3. Mohon penjelasan Askes agar peserta seperti saya lebih nyaman dalam menggunakan fasilitas yang diberikan Askes. Jangan pilih kasih dalam memberikan pelayanan.

Trias Ristanto Wonorejo RT 007 RW 002, Wonorejo, Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Surat pembaca diambil dari Kompas tanggal 13 Juni 2013.