12 Juni 2013

Segera Atasi Elpiji Langka



Gas elpiji 12 kilogram (kg) dan 3 kg untuk keperluan rumah tangga kini mulai sulit di dapat di beberapa wilayah di Jakarta dan di sejumlah kota lainnya. Hal ini di duga karena terbatasnya pasokan elpiji.

Baru dugaan memang, tetapi sangat tidak wajar karena semuanya langka, baik itu tabung 12 kg maupun 3 kg. Akibatnya, harga kedua tabung gas elpiji itu mengalami lonjakan signifi kan. Gas elpiji 12 kg tembus Rp 98.000 dari harga normal Rp 78.000.

Sedangkan gas 3 kg mencapai Rp 18.000 dari normalnya Rp 15.000 per tabung. Bagi masyarakat pengguna gas elpiji hal ini sangat memberatkan. Apalagi sebagian besar masyarakat sekarang sudah beralih menggunakan gas untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Untuk itu, saya berharap pemerintah bisa segera mengatasi kelangkaan gas tersebut. Bila memang ada oknum yang sengaja menimbun elpiji karena suatu hal, segera saja diberi sanksi. Soalnya tindakan mereka sangat tidak manusiawi.

Di saat banyak masyarakat membutuhkan gas sebagai kebutuhan primer, tetapi malah dibuat langka. Semoga hal ini tidak berlangsung lama, dan kelangkaan seperti ini tidak terulang lagi di kemudian hari.

Ratna Galih,
Komplek Cibubur indah G2 No.5,
Jakarta Timur

Surat pembaca diambil dari Kontan tanggal 12 Juni 2013.