12 Juni 2013

Mohon Perhatian Dinas Kesehatan



UNTUK memenuhi ketentuan sebagai bakal calon anggota legislatif di Kota Cimahi, banyak persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya surat keterangan berbadan sehat jasmani dan rohani dari instansi berwenang. Untuk keperluan itu pula saya datang ke Puskesmas Melong Asih sambil membawa formulir model BBQ yang sudah dicantumkan oleh KPU.

Saya mencoba meminta informasi kepada petugas. Beliau mengatakan, keterangan badan sehat ini hanya untuk kesehatan jasmani, sehingga kata rohaninya dicoret dalam surat keterangan tersebut.

Bagi saya, tidak jadi masalah kalau hal ini sudah jadi standar/ketentuan pemeriksaan dokter. Saya pun diperiksa oleh dokter sebagaimana mestinya. Hasil pemeriksaan terlihat jelas, kata rohani dicoret secara tebal oleh pemeriksa. Hasilnya saya bawa ke sekretariat partai. Setelah diteliti, petugas di sekretariat agak kaget karena ada kata yang dicoret cukup tebal. Petugas di sekertariat partai menyuruh kembali ke puskesmas untuk diganti dengan formulir baru. Hasil pemeriksaan yang kedua ini pun sama, seperti yang pertama di mana kata rohaninya dicoret.

Hasil pemeriksaan kedua itu saya serahkan ke sekretariat partai. Cukup kaget mereka melihat basil pemeriksaan kedua masih ada coretan. Ini sangat berbeda dengan keterangan kesehatan dari puskesmas lain di Kota Cimahi. Surat keterangan sehat yang dibawa para caleg yang masuk ke sekretariat partai, semuanya tidak ada coretan, kecuali di Puskesmas Melong Asih. Misalnya, surat keterangan kesehatan dari Puskesmas Cibeureum dan surat keterangan dari dokter praktik umum, tidak ada coretancoretan.

Agar hal itu tidak jadi masalah, petugas sekretariat menganjurkan saya agar diperiksa di Puskesmas Melong Tengah, sebab banyak yang diperiksa di sana tidak ada masalah. Esoknya, saya datang ke Puskesmas Melong Tengah dan memang tidak banyak cingcong, saya langsung diperiksa. Formulir dari sekretariat diserahkan kepada pemeriksa dan diisi sebagaimana mestinya. Dalam waktu relatif singkat, surat keterangan berbadan sehat jasmani dan rohani saya terima dalam keadaan lengkap/utuh, tanpa coretancoretan.

Bagi saya tidak jadi masalah dan siap untuk diperiksa jasmani rohani secara lengkap, kalau itu merupakan ketentuan dan merata di setiap puskesmas di Kota Cimahi. Oleh karena itu, kami mohon kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi agar dibuat ketentuan yang standar dan mengikat serta berlaku untuk semua puskesmas di Kota Cimahi. Tentu saja setelah konsultasi dulu dengan KPU Kota Cimahi, agar masyarakat pemohon tidak dibuat bingung.


Surat pembaca diambil dari Pikiran Rakyat tanggal 12 Juni 2013.