12 Juni 2013

Mohon Perhatian Pihak Dpu Dki



KALAU kita akan menuju ke Lebak Bulus dari arah Ke bon Jeruk, atau sebaliknya, pasti akan melalui terowongan Kebayoran Lama. Bisa juga tidak melewati terowongan tersebut dan melintas di atasnya.

Awalnya saya tidak terlalu memperhatikan kondisi di terowongan tersebut karena semua berjalan seperti biasa saja. Namun, beberapa pekan ini ketika melintasi kawasan tersebut, saya baru merasakan bahwa jalan di situ secara perlahan mulai rusak.

Kerusakan itu ternyata akibat air yang tidak berhenti mengalir dari dinding terowongan. Itu memang tidak menimbulkan genangan, tetapi kondisi yang selalu basah ditambah volume kendaraan yang lewat, perlahan tapi pasti, membuat aspal mulai mengelupas.

Kalau dibiarkan, bukan mustahil jalan akan semakin rusak. Saat ini kondisi jalan juga sudah mulai bergelombang karena ketinggian jalan yang tidak rata. Belum pernah saya melihat jalan itu kering kendati musim kemarau. Entah dari mana air di dinding terowongan tersebut. Apakah itu merupakan rembesan ataukah memang ada saluran air yang bocor.

Semoga saja pihak Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DKI Jakarta bisa melihat secara langsung dan melakukan perbaikan. Sungguh sayang kalau infrastruktur yang bagus itu akhirnya rusak karena kurang perawatan.

Yudhistira
Kebon Jeruk, Jakarta

Surat pembaca diambil dari Media Indonesia tanggal 12 Juni 2013.