11 Juni 2013

Menagih Janji Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan



Akhir tahun 2012, saya membaca di Kompas tentang rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencairkan dana sertifikasi melalui dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi tahun 2013. Kabar ini disambut baik para guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik.

Menggembirakan karena dana sertifikasi yang disalurkan melalui dinas pendidikan dan kebudayaan (dikbud) kota selalu terlambat saat pencairan. Ini yang menjadi alasan pemerintah, dalam hal ini Kemdikbud, mengalihkan pencairan dana sertifikasi dari dinas dikbud kota ke dinas dikbud provinsi.

Ini seperti dana BOS yang mengalami keterlambatan saat dikelola dinas dikbud kota, tetapi setelah dialihkan ke dinas dikbud provinsi lancar-lancar saja penyalurannya ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Kini, memasuki Juni 2013, sudah seharusnya para guru menikmati haknya, yaitu dana sertifikasi triwulan kesatu yang informasinya cair tanggal 9-16 April 2013. Ternyata, keterlambatan pencairan dana sertifikasi kembali terulang. Mana janji Kemdikbud yang akan memperbaiki sistem pencairan dana sertifikasi pada 2013?

Mengapa dana sertifikasi ini masih mengendap di dinas dikbud kota yang dulu dialihkan ke dinas dikbud provinsi? Kapan Kemdikbud akan menepati janji?

Marjuki Jalan Raya Hankam Pos, Jatimurni, Pondok Melati, Bekasi


Surat pembaca diambil dari Kompas tanggal 11 Juni 2013.