06 Februari 2012

Sulitnya Urus Balik Nama Di Samsat



Sulitnya Urus Balik Nama di Samsat

PAGI, Bun. Tolong tanyakan ke Dispenda Provinsi, kenapa untuk balik nama dari kantor Dispenda pusat ke kantor Samsat Siantan dipersulit. Kenapa datanya tidak nyambung antar-Samsat, padahal masih satu kota. Awalnya saya beli motor dari daerah Sui Jawi. Ketika ingin balik nama saya disuruh bayar ke Siantan, karena saya tinggal di daerah Mega Timur. sampai di samsat Siantan, saya tidak bisa urus karena harus bawa pajak asli. Padahal, saya sudah bawa bukti setornya dari Dispenda. Aneh, masa kantor sebesar itu tidak connect, harus bolak-balik.

085245822xxx


Jawab:

Tidak Sulit Jika Sesuai Mekanisme

TERIMAKASIH. Terkait keluhan warga, sebenarnya bukan soal data tidak connect ataupun kami memepersulit. Saat ini kami sedang melakukan tahap pembenahan. Pada sisi lain faktor keamanan tetap harus dikedepankan. Bagi yang hendak mengurus proses balik nama memang dianjurkan untuk mengurus di Samsat di mana yang bersangkutan tinggal.

Misalnya yang bersangkutan tinggal di siantan dan membeli di Sungai Jawi, maka yang bersangkutan terlebih dahulu membayar pajak di wilayah 1 Kota Pontianak. Dan, sebelum mengurus proses balik nama di samsat wilayah 2 di siantan, yang bersangkutan terlebih dahulu harus mencabut berkas induk kendaraan dari Samsat wilayah 1 Kota Pontianak. Setelah itu, Samsat wilayah 2 akan mensinkronkan kendaraan berdasarkan berkas induk kendaraan.

Untuk proses pencabutan berkas tidak lama, diperkirakan hanya satu jam. Untuk pencabutan berkas induk ini tidak dikenakan biaya (gratis). Adapun persyaratan untuk proses balik nama yaitu kwitansi pembelian, KTP, STNK asli, notelis asli, BPKB asli, dan setelah itu dilakukan cek fisik.

Dihimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan calo.

Rosihan Anwar
Humas Dispenda Kalbar

Surat pembaca diambil dari Tribun Pontianak tanggal 06 Februari 2012.