19 Oktober 2018

Angkutan Umum Mudah Dan Murah



KEBIJAKAN penerapan pelat nomor kendaraan ganjil-genap sudah pasti menimbulkan pro dan kontra. Itu hal biasa karena sebuah keputusan tentu tak menyenangkan semua pihak.

Harus diakui peraturan ini membuat jalan sedikit lebih lengang dan cukup efektif mengurangi kemacetan. Di sisi lain, ada yang dirugikan dengan sejumlah alasan.

Kebijakan ini memang memaksa pengendara untuk kembali pada fasilitas kendaraan umum yang disediakan pemerintah. Sayangnya, kendaraan umum terkadang membuat kita harus berhadapan dengan ketidaknyamanan kendati ongkosnya jauh lebih murah daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Kendaraan umum memang tidak lebih nyaman dari kendaraan pribadi. Tapi tanpa kita sadari, menggunakan kendaraan umum ikut serta dalam membangun dan mendukung program pemerintah serta meningkatkan rasa sosial. Tidak ada yang salah dengan menggunakan kendaraan pribadi, tapi akan lebih baik bila kita menggunakan fasilitas yang memang sudah disediakan pemerintah. Pemerintah juga harus bisa menyiapkan fasilitas kendaraan umum yang lebih baik dan nyaman. Jadi, jangan sekadar membuat kebijakan, tapi tak disertai solusi.

Neng Gina R Dheli
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati, Bandung

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Media Indonesia tanggal 19 Oktober 2018.