19 Oktober 2018

Kualitas Pelayanan Di Bengkel Resmi



Beberapa waktu lalu saya melakukan servis mobil berkala di salah satu layanan bengkel resmi di wilayah Depok. Bengkel perawatan yang sekaligus juga diler tersebut memang sudah menjadi langganan saya. Selain karena lokasinya tidak jauh dari rumah, pelayanannya juga makin baik.

Sistem pemesanan jadwal servis (booking) misalnya, ditata dengan baik sehingga konsumen bisa datang ke bengkel untuk melakukan servis sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Selain itu, konsumen diingatkan pula dengan pesan singkat oleh staf layanannya jika jadwal servis sudah dekat. Untuk konfirmasinya pun bisa dilakukan dengan pesan singkat.

Anda mungkin mempunyai pengalaman serupa dengan saya ketika datang ke bengkel resmi agen tunggal pemegang merek. Memang seperti itulah dunia pelayanan pelanggan dewasa ini, yaitu bagaimana agar pelanggan terpuaskan dengan experience yang diberikan.

Jadi manajemen bengkel yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap konsumennya sudah mulai bersaing memberikan servis terbaik mereka ketika pelanggan mulai memasuki bengkel hingga mobilnya selesai diservis.

Penyelia yang duduk berderet melayani pelanggan pantang berwajah masam. Semuanya harus ramah, komunikatif, dan smart di bidangnya. Pendeknya ibarat konsultan saja, yaitu memberikan solusi.

Menyangkut kepuasan pelanggan, bengkel langganan saya tersebut bahkan melakukan survei sekitar dua pekan setelah servis dilakukan. Langkah ini baik sekali karena menunjukkan komitmen nyata manajemen untuk terus meningkatkan pelayanan.

Namun alangkah lebih baik baik bila survei tersebut disampaikan/dikirimkan kepada pelanggan dalam format digital daripada pelanggan dihubungi khusus melalui telepon untuk menjawab sederet pertanyaan yang bisa berdurasi 5---10 menit.

Saat ini, urusan apa yang tidak bisa diselesaikan lewat gawai. Survei pun demikian dan rasanya lebih efektif serta sangat praktis bagi konsumen.

Kornelius W.K Mainaky Apartemen Margonda Residence Depok

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Bisnis Indonesia tanggal 19 Oktober 2018.