25 September 2018

Kebaikan Berawal Dari Ujung Jari



BAGAIKAN buku tanpa kover yang tak akan terasa lengkap saat melihatnya. Begitu pula smartphone tanpa akun media sosial terasa hambar karena ada yang kurang, terlebih bagi kalangan milenial. Media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok layaknya sandang dan pangan.

Data dari survei Januari 2018 menunjukkan bahwa dari 132,7 mi-liar pengguna internet, ada 120 miliar akun pengguna aktif di media sosial (medsos). Itu berarti hanya 12,7 miliar orang saja yang tidak tersentuh medsos.

Harus diakui bahwa saat ini berbagai informasi terkini, juga kegiatan unik lain, akan terasa lebih mudah diakses melalui medsos. Sebut saja untuk mengetahui lokasi destinasi tertentu, foto keadaan tempat terbaru, kabar terkini dari keluarga, atau mungkin kesukaannya, grup, dan bahkan teman-temannya. Itu semua bisa diketahui hanya dalam beberapa ketukan jari saja.

Akan tetapi, medsos baik atau buruk isinya tergantung dari penggunanya. Sangat miris ketika mendengar berita bahwa ada orang yang masuk penjara karena menyinggung perasaan seseorang di medsos. Atau seseorang dituntut hanya karena tindakan cerobohnya saat berselancar di dunia maya.

Kita sebagai generasi milenial sudah seharusnya mampu dan lebih cerdas dalam menggunakan medsos. Bijaklah dalam bertindak dan baik dalam bertutur kata.

Firlyana Dadiamar

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Media Indonesia tanggal 25 September 2018.