23 September 2018

Memilih Universitas Di Luar Negeri: Apa Yang Harus Dipertimbangkan?



Memilih program yang tepat merupakan pengalaman pribadi yang unik. Berikut ini adalah lima faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam membuat salah satu keputusan penting pertama Anda sebelum masuk ke universitas di luar negeri. Lulusan dan mahasiswa dari New Zealand Management Academies (NZMA) juga berbagi pengalaman belajar mereka di luar negeri.

Pertama, kejar sesuatu yang Anda minati. Setiap orang memiliki minat masing-masing dalam suatu bidang, tetapi nampaknya banyak siswa yang kehilangan kesempatan untuk mengikuti minatnya karena mereka lebih memilih program yang dapat menjamin karier mereka.

Kedua, berpikiran terbuka. Anda mungkin sudah memikirkan jalur karir tertentu dan Anda pasti sudah memperkirakan keterkaitan yang kuat antara gelar yang Anda pilih dan pekerjaan yang Anda inginkan di masa depan. Menjadi lulusan yang baik menjadi sangat penting dalam menghadapi dunia yang cepat berubah.

Ketiga, belajar melampaui kurikulum. Belajar tidak melulu di dalam ruang kelas dan Anda tidak perlu membatasi pemikiran Anda dengan peraturan-peraturan sekolah yang tradisional.

Semakin banyak program universitas yang mengubah fokus mereka untuk membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan berbasis industri yang praktis dan pastinya ini menjadi sesuatu yang dapat dipertimbangkan.

Keempat, tetap menjaga sudut pandang. Memilih mata kuliah yang salah dan gagal masuk pilihan pertama adalah suatu hal yang biasa terjadi, tetapi Anda tidak harus bersedih ketika berada dalam situasi ini. Sangat penting bagi Anda untuk meluangkan waktu, mengevaluasi kembali pilihan Anda dan mempertimbangkan alternatif lainnya.

Kelima, galilah lebih dalam dan lakukan penelitian. Siswa yang baru menyelesaikan program A-level atau kualifikasi lainnya akan menjumpai mata kuliah yang asing bagi mereka. Bahkan Anda dapat sering menjumpai mata kuliah yang benar-benar berbeda dari yang Anda bayangkan dari nama mata kuliahnya.

Christie Rachel Lumban Tobing Zeno Indonesia for Education New Zealand

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Bisnis Indonesia tanggal 23 September 2018.