21 September 2018

Manfaat Sister City Untuk Ukm



Sangat membanggakan melihat kegigihan pengusaha skala kecil dan menengah yang mampu menembus pasar internasional. Hal ini membuktikan bahwa mereka tidak hanya tahan banting, tetapi juga memberi pelajaran berharga bagi pelaku industri skala besar untuk tidak sekadar jago kandang.

Saya sependapat dengan Bapak Syaqib yang memberikan apresiasi atas prestasi pebisnis skala UKM tersebut di ruang ini beberapa waktu lalu. Intinya singkat saja yaitu bahwa produk yang dihasilkan usaha kecil dan menengah akhirnya bisa go intemational juga.

Meski bukan melalui jalur atau 'medan pertempuran penuh darah', tetapi kehadiran mereka di negeri orang merupakan sebuah pencapaian yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Selain itu harus disebut pula kegigihan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam berdiplomasi. Hasilnya terbukti memberikan sebuah peluang yaitu dibukanya galeri produk UKM Surabaya di kota Liverpool, Inggris sebagai bagian dari kerja sama sister city.

Peluang bisnis pun terbuka karena kabarnya Wakil Wali Kota Liverpool sudah menyatakan kesediaannya dan dengan senang hati akan menjual produk UKM Kota Surabaya di galeri yang disediakan di kota tersebut.

Sekali lagi pencapaian ini patut diapresiasi, karena sebuah langkah kecil yang dapat membuka peluang bisnis jangka panjang antara pebisnis di dua kota tersebut. Hal ini juga merupakan langkah maju karena selama ini pola kerja sama tersebut lebih banyak atau didominasi masalah tata kota saja.

Semoga langkah ini tidak disia-siakan oleh semua pemangku kepentingan untuk memajukan UKM di negeri sendiri.

Awaluddin Syarmidi Pucang Anom, Surabaya
F\>rcakan: PT Aksara Grafika Pratana .i Rawagflam IV Blok Q K. Kw. Hdl 1 Kawauo Indusri Pubgaduag Trfp. 021-4612348 - Fax 021-4605)24

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Bisnis Indonesia tanggal 21 September 2018.