14 Agustus 2018

Perhubungan Dan Jakarta-cikampek



Sudah lama kemacetan parah teijadi di sepanjang Tol Jakar-ta-Cikampek. Segenap pemakai jalan berharap agar pekeijaan proyek LRT segera tuntas sehingga kemacetan terurai. Namun, berdasarkan pengamatan saya yang hampir tiap hari melintasi jalan itu, penyebab utama kemacetan bukan proyek LRT, melainkan yang berikut.

Pertama, ruas jalan tol itu rata-rata empat jalur. Kendaraan besar, seperti bus dan berbagai jenis truk, bisa meng-okupasi jalur ketiga dan keempat. Dengan kecepatan 25 km/jam, bus dan truk itu memasrahkan kendaraan lain ikut gerakan mereka.

Kedua, penyempitan di beberapa titik dan meleburnya arus dari Jakarta dan dari lingkar luar.

Ketiga, arus Cikampek-Ja-karta macet karena banyak kendaraan mau masuk ke lingkar luar, melambat, dan mencari kesempatan ke kiri sehingga kendaraan dari belakang juga harus melambat dan menumpuk hingga 20 kilometer.

Saya mengusulkan agar kepala Dinas Perhubungan Darat beserta Menteri Perhubungan menjalani jalur Jakarta-Cikam-pek dengan mobil pribadi tanpa pengawal selama seminggu berturut-turut agar lebih paham kondisi dan segera memberikan solusi terbaik.
IRWANTO Jakarta Utara

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Kompas tanggal 14 Agustus 2018.