12 Juli 2018

Sulitnya Guru Naik Pangkat



SAYA guru PNS di SMA negeri yang mengajukan usulan penilaian angka kredit dari golongan III-c ke Ill-d. Yang saya sertakan adalah sepuluh sertifikat pelatihan dalam negeri dan satu pelatihan di Texas, Amerika Serikat, dalam bidang sains nuklir. Saya sertakan pula dua karya tulis ilmiah penelitian tindakan kelas. Di sekolah saya selalu menjadi proktor UNBK dan nilai kinerja selalu di atas 90.

Tapi, nilai karya tulis saya diberi nol oleh tim penilai. Alasannya belum diseminarkan. Begitu kejamnya cara penilaian itu. Isinya tidak dilihat, jusu u syarat administratifnya yang diperhatikan. Padahal, karya tulis saya sudah memenulii syarat akademis.

Salah satu syarat seminar karya tulis adalah menghadirkan peserta, minimal, dari tiga sekolah. Dengan beban mengajar 28 jam per minggu dan tugas-tugas lain, jelas sangat sulit bagi kami mengadakan seminar. Ujung-ujungnya liarus menggunakan jasa evenl organizer berbiaya besar.

Aturan seminar tersebut sangat memberatkan. I.ebih baik karya tulis langsung diuji saja di depan juri sehingga lebih efektif. Mohon pihak terkait mengevaluasi cara penilaian seperti itu.

DRS YOSEF JEMIJRUN, Guru Fisika SM A N 7 Surabaya, 08123022XXX

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Jawa Pos tanggal 12 Juli 2018.