24 Juni 2018

Gagal Unduh Aplikasi Setelah Format Sdcard



Hasil kerja sama Solopos dengan Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email chrjstanto.erwinGSgmail.com atau ke Twitter bosswlin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di solopos.com dan terbit setiap Minggu di Harian Umum Solopos.
Gagal Unduh Aplikasi setelah Format SDcard

Salam kenal Mas Erwin. Sebelumnya saya mau cerita dulu. Saya punya handphone (HP) Oppo. Awalnya memori HP saya format, tapi setelah saya download lagi aplikasi di Playstoie tidak bisa. Jawabannya memori tidak cukup padahal seharusnya setelah memori diformat masih 2GB, kenapa ya?

Mohon bantuannya, terima kasih

Hem Mahardik < hemmahardika 7@gmail. com >

Salam kenal Hera. Asumsi kami adalah sebagian aplikasi ada di memory extemal (SDcard) yang terformat tadi dan Anda berusaha
untuk download dan instal ulang dari Playstore. Sedangkan memory intemal-nya sudah cukup penuh oleh aplikasi yang lainnya.

Kesimpulan kami adalah, default dari download dan instal dari Playstore selalu menempati memory internal, oleh karena itu solusinya, Anda bisa pindahkanm terlebih dahulu aplikasi yang berada di internal memory ke extemal memory. Setelah dipindahkan seharusnya kapasitas internal memory sudah agak longgar, baru Anda bisa melanjutkan download dan instal aplikasi dari Playstore.

Untuk memindahkannya Anda bisa gunakan aplikasi seperti: App2sd, Linklsd, Move2sd enabler dan semacamnya. Oke, silahkan dicoba terlebih dahulu dan semoga berhasil.

Salam
Erwin Christanto W. twitter @bosswiin

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Solo Post tanggal 24 Juni 2018.