20 Juni 2018

Bentuk Nyata Kerukunan



Sejatinya, bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi perbedaan dan keragaman yang ada di bumi nusantara. Hal ini kembali terlihat ketika berlangsung perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri.

Bahkan, hampir setiap lebaran hal itu terlihat. Hal ini yang membuat saya bangga bahwa keragaman tersebut harus dijaga dan dihormati. Buktinya, toleransi antar umat beragama kembali tercermin secara indah dan penuh persaudaraan dari dua rumah ibadah yang berseberangan, yaitu Masjid Istqlal dan Gereja Katedral yang berlokasi di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta.

Gereja Katedral menyediakan halaman gereja sebagai lahan parkir tambahan bagi umat muslim yang akan melaksanakan salat Idul Fitri di masjid Istiqlal pada Jumat pekan lalu.

Inilah bukti nyata kerukunan antar umat beragama hidup subur di negeri ini. Bahkan, seperti yang dikutip media dari Koordinator keamanan Paroki Katedral Budi Sukaman, penyediaan lahan untuk parkir umat muslim di hari raya sudah menjadi tradisi sejak dulu.

Sebaliknya juga demikian. Ketika hari raya umat Katolik seperti Paskah dan Natal, pihak Istiqlal juga sangat membantu membantu kelancaran kegiatan keagamaan di Katedral.

Keindahan kerukunan antar umat beragama ini merupakan modal penting bagi bangsa ini untuk senantiasa maju dan berkembang sebagai bangsa yang besar.

TVadisi saling membantu, menghargai dan menghormati bukan lagi menjadi sesuatu yang harus dipaksa atau ditekan tetapi sudah menjadi jati diri atau karakter bangsa.

Hasan Nur Alimuddin Jalan Pejaten Raya No. 77 Jakarta

Suara pembaca

Surat pembaca diambil dari Bisnis Indonesia tanggal 20 Juni 2018.